Scroll to Top

Juara Euro 2012: Kemenangan Untuk Mereka Yang Telah Tiada

By Wan Faizal / Published on Monday, 02 Jul 2012

Pique-Reina-Llorente-Casillas

Sejatinya, duka tengah merundung persepakbolaan Spanyol ketika para pemain yang terpilih untuk berlaga di putaran final Euro 2012 melakukan persiapan. Sepakbola Spanyol kehilangan dua figurnya dalam waktu kurang dari satu bulan ini.

Pertama adalah meninggalnya pelatih Villarreal, Manolo Preciado. Eks pelatih Sporting Gijon tersebut meninggal pada 7 Juni 2012 akibat serangan jantung. Padahal sehari sebelum ia meninggal, ia baru saja resmi diangkat sebagai entrenador Villarreal.

Peristiwa kedua terjadi pada awal pekan lalu ketika tim tengah bersiap menghadapi Portugal di laga semifinal. Kali ini yang berpulang adalah gelandang muda Real Betis, Miki Roque.

Miki yang pernah mengecap pengalaman di Liverpool meninggal dalam usia 23 tahun karena mengidap kanker panggul yang ia derita sejak satu tahun terakhir. Kabar itu tak pelak cukup mengagetkan para pemain Spanyol.

“Sampaikan salamku pada keluarga Miki. Aku telah mengenalnya sejak kami sama-sama di Inggris saat dia di Liverpool dan aku di Manchester United,” ucap Gerard Pique.

Kehilangan dua figurnya tersebut seperti menjadi pemacu semangat juang para pemain Spanyol di lapangan. Hasilnya? Gelar juara Euro 2012 pun berhasil mereka sabet setelah membungkam Italia 4-0 di partai final.

Hebatnya, meski telah meraih sukses, armada Spanyol tetap tak lupa pada mendiang Miki dan Preciado. Dalam perayaannya, kiper Pepe Reina bahkan mengenakan seragam Betis dengan nama Miki.

Cesc Fabregas dan Sergio Ramos lain lagi. Fabregas mengenakan kaos putih yang tertera nama Dani Jarque, Antonio Puerta, Preciado, dan Miki. Puerta dan Jarque adalah dua pesepakbola Spanyol yang meninggal pada 2007 dan 2009 silam karena serangan jantung.

Spain

Sementara Ramos mengenakan kaos dengan gambar Puerta yang merupakan sahabatnya ketika keduanya bermain di Sevilla. Ramos bahkan juga melakukan hal serupa saat ia mengantar Spanyol menjadi juara Euro 2008 dan Piala Dunia 2010.

Salut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda