Scroll to Top

VLC Player, Pemutar Multimedia Powerfull Untuk Windows, Linux, Mac OSX Dan Android

By Ditya / Published on Monday, 02 Jul 2012

VLC Player

Anda bingung mencari player multimedia yang powerfull yang mendukung pemutaran berbagai file video dan musik? VLC (VideoLAN Client) player adalah pilihan yang tepat.

Melalui VLC player, Anda dapat memutar berbagai file jenis file video dan musik kesayangan Anda, seperti apa VLC player ini? Mari mengenal lebih dekat.

Hadirnya VLC player ini berawal dari proyek akademik untuk menghadirkan player berbasis client-server yang mulai dikembangkan pada tahun 1996 oleh siswa di École Centrale Paris, Perancis.

Sejak tahun 2001, VLC telah menjadi proyek open source dibawah organisasi nirlaba VideoLAN yang rilis dibawah lisensi GPL dan tersedia untuk platform Windows, Mac OSX, Linux dan Android.

Tampilan dan Navigasi

VLC mengusung icon kerucut mirip rambu-rambu lalu lintas untuk pembatas jalan yang berwarna oranye dengan 2 baris warna putih. Sementara dibagian bawah terdapat tombol-tombol khas multimedia player seperti play, next track, playing status dan equalizer.

Tampilan VLC Player masing-masing platform berbeda-beda, kebetulan pada artikel kali ini, Sidomi menggunakan VLC player untuk Mac OSX.

VLC player untuk Mac telah dikembangkan menggunakan API (Application Programing Interface) Cocoa mulik Apple, sehingga antar muka VLC player ini begitu menyatu dengan antarmuka Mac OSX yang sederhana dan elegan.

Sedangkan untuk Windows dan Linux mengusung tampilan QT4. Salah satu kelebihan VLC versi Windows dan Linux adalah fasilitas skin yang dapat diganti-ganti sesuai selera.

Fitur VLC Player

Selain dukungan terhadap file multimedia yang lengkap, VLC player kuga membawa berbagai fitur khas player multimedia seperti playlist, equalizer, shuffle, repeat, visualisasi, filter serta mode fullscreen saat memutar video. Ada pula beberapa fitur lain seperti :

  • Record, dapat diakses melalui menu playback > record untuk merekam file yang sedang diputar.
  • Kemampuan memutar video melalui streaming internet.
  • Snapshoot, untuk mengambil screenshot video atau film yang sedang diputar.
  • Dukungan dan optimalisasi terhadap layar Retina display (khusus VLC untuk Mac OSX) pada rilis versi 2.0.2.
  • Streaming konten yang terenkripsi ke HDTV.

Selain fitur-fitur diatas, VLC masih memiliki fitur lain yang berhubungan dengan pemutaran file video seperti pengatuarn aspek rasio, subtitle dan filter video seperti deinterlacing, video mirror dan split, komplit bukan?

Format File Yang Didukung VLC Player

VLC mendukung hampir semua format file multimedia populer, sehingga Anda tidak perlu susah payah berganti-ganti player lain atau download codec.

VLC mendukung format file dan codec multimedia antara lain  MP3, ASF, AVI, MPEG-2, MPEG-4, OGG,MP4, WAV, FLV, VOB, FLAC, Matroska, H264, dan banyak lagi.

VLC player juga mendukung pemutaran DVD, VCD, S-VCD hingga BluRay Disc, sangat lengkap bukan?

VLC player ini tersedia dalam versi terbaru 2.0.2 untuk berbagai platform sistem operasi seperti Windows (XP,Vista dan 7), Mac OSX, Linux, BSD dan Android. Penasaran? Silahkan unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda