Share

Spanyol juara Euro 2012

Final Euro 2012 di Kiev, Ukraina yang berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Spanyol, mengantarkan dua pemain negeri El Matador sebagai pemain terbaik Euro 2012 dan tok skor Piala Eropa 2012. Yakni Andres Iniesta dan Fernando Torrer yang melengkapi euforia kemenangan tersebut.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh UEFA pada hari Senin, 2/7/2012 seusai pertandingan.

Khusus untuk Iniesta, selain dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Euro 2012, juga dinobatkan sebagai man of the match dalam laga final kontra Italia dini hari tadi. Hal demikian berdasarkan keputusan tim teknis UEFA yang terdiri dari 11 orang.

Iniesta (28 tahun) memang tidak mencetak gol dalam laga tersebut. Dia tercatat hanya melepaskan satu tembakan yang mengancam gawang Italia, namun dia tampil cukup impresif sepanjang Euro 2012. Yakni mencatat 78 umpan dengan 57 di antaranya tepat sasaran, didukung daya jelajah sejumlah 9627 meter dalam membantu lini tengah El Matador.

Menanggapi penampilan menawan gelandang Barcelona ini, pihak UEFA menyampaikan:

“Andrea Pirlo luar biasa untuk Italia, Xavi memenangi penghargaan ini di Piala Eropa 2008 dan bisa saja meraihnya lagi. Xabi Alonso juga sangat menawan, tapi Iniesta mengirim sebuah pesan tentang menjadi kreatif dan menentukan, dan dia luar biasa sepanjang turnamen,” tutur ketua tim teknis UEFA, Andy Roxburgh.

Sementara terjadi sedikit kerumitan pada daftar top skor Piala Eropa 2012. Nama Fernando Torres bersanding dengan Mario Balotelli, Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo, Mario Gomez, dan Alan Dzagoev yang masing-masing mencetak 3 gol sepanjang perhelatan Euro 2012.

Namun Fernando Torres terpilih menjadi top skor Piala Eropa 2012 mengingat regulasi UEFA yang menetapkan, apabila ada pemain yang mempunyai jumlah gol yang sama, maka UEFA akan menerapkan seleksi tahap berikutnya. Yakni dengan meninjau jumlah assist serta menit bermainnya. Semakin sedikit pemain tersebut bermain untuk timnya, maka semakin besar kesempatannya meraih gelar top skor.

UEFA telah menetapkan urutan daftar pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2012 sebagai berikut:

Fernando Torres: 3 gol, 1 assist, 189 menit

Mario Gomez: 3 gol, 1 assist, 282 menit

Alan Dzagoev: 3 gol, 0 assist, 253 menit

Mario Mandzukic: 3 gol, 0 assist, 270 menit

Mario Balotelli: 3 gol, 0 assist, 331 menit

Cristiano Ronaldo: 3 gol, 0 assist, 480 menit