Scroll to Top

Euro 2012: Fokus UEFA Kini Beralih Ke Prancis 2016

By Wan Faizal / Published on Monday, 02 Jul 2012

Henri Delaunay trophy

Usai sudah pertunjukkan bernama Euro 2012 yang berlangsung selama 24 hari di Polandia-Ukraina. Spanyol akhirnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan Italia 4-0 di partai puncak. Selesaikah tugas UEFA selaku “pemilik acara”? Tidak, karena mereka kini langsung mengalihkan perhatian ke turnamen empat tahun mendatang.

Yap, UEFA akan menghadapi tantangan baru dalam turnamen yang akan digelar di Prancis pada tahun 2016 nanti. Tantangan baru yang dimaksud adalah pada jumlah negara peserta dimana empat tahun mendatang tidak lagi ada 16 negara yang berpartisipasi.

Seperti diketahui, dalam rapat Komite Eksekutif UEFA tahun 2008 lalu telah diputuskan bahwa jumlah peserta Piala Eropa mulai tahun 2016 akan ditambah menjadi 24 peserta. Itu artinya, negara-negara Eropa akan memperebutkan 23 tiket tersisa mengingat Prancis sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah.

Saat itu, salah satu alasan UEFA menambah jumlah peserta adalah memberikan kesempatan bagi negara-negara lain untuk ikut merasakan berkompetisi di sebuah turnamen besar.

“Saya pikir dengan adanya 24 tim, itu berarti aka nada lebih banyak tim yang bagus di Eropa,” ujar Michel Platini, Presiden UEFA.

“Sebuah negara akan merasa bangga jika negaranya bisa ikut ambil bagian dalam turnamen. Itu memberi mereka kesempatan mempromosikan sepakbola mereka, mengembangkan tim nasional mereka, dan juga mengembangkan kemampuan pemain muda disana.”

Bagi Prancis sendiri, ini adalah kesempatan ketiga mereka menjadi tuan rumah Piala Eropa. Sebelumnya, mereka juga menjadi host pada tahun 1960 dan 1984.

So, thank you Poland and Ukraine. Welcome to France 2016!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda