Scroll to Top

Pemain Real Madrid Terbanyak Mencetak Gol di Euro 2012

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 03 Jul 2012

Cristiano Ronaldo

Di Euro 2012, para punggawa Real Madrid menunjukkan kebolehan mereka. Pemain Los Blancos tercatat menjadi yang terbanyak mencetak gol dalam turnamen empat tahunan antar negara Eropa ini. 8 gol dicetak oleh anak asuh Jose Mourinho. Mulai dari Cristiano Ronaldo, Xabi Alonso, Pepe, Mesut Ozil, hingga Sami Khedira.

Real Madrid ‘mengirim’ 11 pemain untuk perhelatan Euro 2012. Mereka hanya kalah dari Bayern Muenchen yang ‘mengutus’ 12 pasukan ke ajang ini.

Kesebelas pemain tersebut adalah Iker Casillas, Raul Albiol, Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Xabi Alonso (Spanyol), Pepe, Cristiano Ronaldo, Fabio Coentrao (Portugal), Mesut Ozil, Sami Khedira (Jerman), dan Karim Benzema (Perancis). Dari 11 pemain, lima di antaranya mampu membobol gawang negara lain di Euro 2012.

Karim Benzema, penyerang Perancis, memang tak mencetak sebiji gol pun di ajang ini; seiring nasib Perancis yang tersingkir di perempat final oleh sang juara. Namun, pemain lain tetap berkontribusi.

Cristiano Ronaldo yang musim 2011-12 mencetak 60 gol untuk Real Madrid, kembali menunjukkan taji. Sempat melempem di dua laga awal, Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Belanda dan satu saat mengandaskan Republik Cek di perempat final. Sayang, berhadapan dengan Spanyol di empat besar, Ronaldo teredam dan tak bisa menambah pundi-pundi gol.

Xabi Alonso

Pencetak gol terbanyak berikutnya adalah Xabi Alonso. Sedikit tak biasa, Xabi adalah pahlawan Spanyol di delapan besar saat menghadapi Perancis. Dua gol, salah satunya dari titik putih, membawa sang gelandang bertahan cuma terpaut sebiji gol dari Ronaldo.

Pepe, Mesut Ozil, dan Sami Khedira, masing-masing mencetak satu gol di turnamen ini. Khusus Pepe, tentu mencetak gol bukanlah hal familiar. Sepanjang karier internasionalnya, bek trengginas ini baru mencetak 3 gol.

Di bawah para pemain Real Madrid yang mencetak 8 gol, ada pemain-pemain Manchester City yang mengemas 7 gol. Mario Balotelli menjadi yang tersubur dengan 3 gol. Ia disusul oleh David Silva yang mencetak 2 gol. Berikutnya ada Samir Nasri dan Joleon Lescott yang masing-masing mencetak 1 gol.

mario_mandzukic

Yang cukup menarik adalah klub di peringkat ketiga. Duo pemain Vfl Wolfsburg tercatat menyumbangkan 5 gol sepanjang turnamen. Mereka adalah Mario Mandzukic dari Kroasia (3 gol) dan Petr Jiracek dari Republik Cek (2 gol). Khusus Mandzukic, ini adalah gol-gol intenasional terakhirnya ketika berkarier bersama Wolfsburg. Musim depan, ia akan berbaju Bayern Muenchen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda