Scroll to Top

Alasan Microsoft Hilangkan Tombol Start Di Windows 8

By Ditya / Published on Tuesday, 03 Jul 2012

Windows 8 Release Preview

Saat Microsoft meluncurkan Windows 8 Developer Preview dan Windows 8 Consumer Preview, mungkin Anda bertanya-tanya, kemana perginya tombol Start? Kenapa Microsoft menghilangkan tombol Start?

Petinggi raksasa perangkat lunak asal Redmond ini mengungkapkan alasan mengapa tombol Start tidak lagi hadir di Windows 8 yang notabene adalah versi Windows yang paling mutakhir.

“Jika Anda akan ke layar Start sekarang, kita akan membuka satu set baru dari skenario, atau Anda dapat memilih untuk tidak pergi ke sana, tinggal di desktop, dan itu masih cepat,” kata Chaitanya Sareen, principal program manager di  Microsoft.

Microsoft beralasan bahwa pengguna Windows telah banyak meninggalkan tombol Start dan lebih benyak menggunakan pinned atau shortcut aplikasi favorit pada taskbar atau malah menggunakan shortcut keyboard untuk menjalankannya.

Karena alasan itulah Microsoft memutuskan untuk menghilangkan tombol Start dan menggantinya dengan layar Start yang menjadi bagian pokok pada antarmuka Metro Style.

Layar Start yang ada di Windows ini hampir sama dengan layar Start yang ada di Windows Phone, bedanya, pengguna Windows desktop dapat menggunakan mouse dan keyboard sebagai media inputnya.

Seperti yang dikutip dari Mashable, Microsoft juga tengah berjuang untuk memperbaiki dukungan touchpad agar dapat berjalan dengan baik di antar muka Metro Style yang diusung Windows 8.

Pergantian dari tombol Start ke layar Start pada Windows 8 ini merupakan sebuah perubahan radikal mengingat tombol Start adalah salah satu komponen pokok untuk mengakses menu yang diterapkan sejak Windows 95.

Bagaimana menurut pembaca? Setujukah Anda dengan hilangnya tombol Start dan di gantikan layar Start di rilis Windows 8? Silahkan berkomentar di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda