Scroll to Top

FB Ubah Alamat Email Pengguna, Inilah Dampaknya

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 03 Jul 2012

Facebook Paksa Ubah Alamat Email PenggunaPerubahan ‘paksa’ alamat email pengguna FB ke layanan email Facebook dengan alamat @Facebook.com, ternyata menyisakan masalah tersendiri. Dan apa dampaknya perubahan alamat tersebut?

Seperti diketahui sebelumnya jika Facebook menganti seluruh alamat email default pengguna ke @Facebook.com. Dengan alasan konsistensi, maka alamat email yang akan ditampilkan ke laman profil pengguna akan berformat email tersebut.

Perubahan ini menerima kecaman dari pengguna Facebook. Tak sedikit dari mereka yang memrotes layanan baru FB ini. Lantas apa sejatinya masalah yang dimungkinkan akan muncul ketika ‘pemaksaan’ perubahan alamat email ini?

Sinkronisasi kontak telepon kacau

Beberapa pengguna mengaku jika perubahan alamat email tersebut mengacaukan sinkronisasi kontak telepon yang telah dihubungkan dengan Facebook. Di ponsel Blackberry dan Android misalnya yang tersedia fitur mengubungkan kontak telepon dengan akun FB.

Dengan demikian maka seluruh email yang dulunya memiliki alamat dengan format lama (@gmail, @yahoo, dll) yang didaftarkan sebagai akun Facebook akan di-replace dengan email @facebook akibat ‘pemaksaan’ ini. Mungkin beberapa pengguna tidak menyadari ‘kekacauan’ ini.

Munculnya pesan ‘tersembunyi’

Yang kedua muncul dari fitur Inbox (pesan) di panel Other (lain). Tidak sedikit pengguna Facebook yang mengakses fitur tersebut. Nantinya di panel ini Anda akan menemukan pelbagai email yang mungkin tak mengerti siapa pengirimnya.

Terkesan Facebook berusaha untuk ‘menyembunyikan’ pesan (email) yang dikirimkan dari orang (pengguna) yang bukan tema Anda di FB. Bisa pula ‘pesan tersembunyi’ tersebut adalah pesan dari laman Facebook yang Anda suka.

Apakah Anda menyadari akan dua ‘kekacauan’ di atas akibat perubahan ‘paksa’ alamat email pengguna Facebook? Jika menemukan kekacauan baru, sila tulis pengalaman tersebut di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda