Scroll to Top

Apple iOS 6 Vs. Android 4.1 Jelly Bean, Mana Yang Lebih Unggul?

By Ditya / Published on Tuesday, 03 Jul 2012

Android VS iOS

Pasar smartphone saat ini 80% dikuasai oleh Google Android dan Apple iOS, dimana Android mendapat jatah 50% pasar dan Apple iOS menguasai 30% pasar, lalu siapa sebenarnya yang lebih unggul diantara keduanya?

Wired, sebuah situs berita teknologi dan gadget mencoba menjabarkan kelebihan dan kekurangan kedua sistem operasi mobile terbaru yaitu Android 4.1 Jelly Bean dan Apple iOS 6 dari berbagai sisi.

Wired juga menambahkan bahwa iOS 6 saat ini masih berstatus NDA (Non-Disclosure Agreement) yang melarang pembeberan berbagai fitur-fitur baru di IOS 6, sehingga Wired hanya membeberkan fitur yang boleh dipublikasikan.

Android 4.1 Jelly Bean telah resmi diluncurkan oleh Google melalui ajang Google I/O Conference beberapa waktu lalu dan datang dengan berbagai fitur baru untuk menjawab tantangan iOS, jadi siapa yang lebih unggul? Simak ulasan berikut.

Apple Siri vs. Google Now Voice Search

Kehadiran Apple Siri memang membuat efek latah yang membuat berbagai produsen meluncurkan fitur serupa, tak terkecuali Google melalui fitur Google Now Voice Search.

Google Now Voice Search terdengar ‘lebih manusia’ ketimbang Siri, namun secara umum tidak ada yang menonjol dari Voice Search ini. Jika pengguna mengajukan pertanyaaan, maka Siri akan menjawab berdasarkan fakta dari WolframAlpha Sedangkan Voice Search menjawab berdasakan Wikipedia.

Secara umum, keduannya cukup powerfull, namun Apple dengan Siri-nya terlihat lebih untggul dengan integrasi sosial media, sedangkan Google Now Voice Search unggul dengan luasnya informasi yang disampaikan.

Apple 3D Maps vs. Google Maps

Apple memutuskan untuk mengganti Google Maps dengan Apple 3D Maps di iOS 6, hal ini membuat Google Maps mendapat saingan baru. Apple menawarkan tampilan 3D map yang indah.

Sementara Google Maps menawarkan fitur yang lebih lengkap dengan dukungan fitur navigasi turn-by-turn serta kemampuan membuat rute serta layanan Latitude yang membantu pengguna untuk menemukan rekan-rekannya yang opt-in.

Kesimpulannya, Google Maps lebih unggul. Google lebih berpengalaman dari Apple dalam hal membangun infrastruktur aplikasi pemetaan.

Integrasi Jejaring Sosial

Android 4.1 Jelly Bean telah mengintegrasikasn jejaring sosial dan sosial media lebih dalam melalui API (Application Programming Interface) terbuka. Android menawarkan kemudahan berbagi dengan layanan seperti Facebook, Twitter, Google+ serta Dropbox, Foursquare dan GroupMe.

Apple iOS 6 menawarkan intergrasi dengan layanan Facebook dan Twitter, namun tak semudah di Android, jika pengguna ingin berbagi foto atau video, terlebih dahulu harus menjalankan aplikasi yang bersangkutan.

Kesimpulannya, keduanya memang menawarkan integrasi yang mendalam dengan sosial media, namun Android jauh lebih mudah dan terbuka terhadap berbagai layanan.

Google Play vs. iTunes Store

Apple iTunes Store menyediakan berbagai kebutuhan pengguna iOS yang terbagi menjadi beberapa bagian seperti iTunes untuk toko musik, iBooks untuk toko buku dan App Store untuk aplikasi.

Google menyediakan Play Store untuk pengguna Android. Berbeda dengan iTunes Store yang terbagi menjadai beberapa toko sesuai dengan jenis kontenh yang dijual, Play Store menggabungkan semua konten menjadi satu tempat.

Kesimpunnya, keduanya menawarkan cara yang berbeda, namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Safari vs. Chrome

Google mengumumkan bahwa Chrome akan menjadi browser default Android 4.1 Jelly Bean yang menawarkan berbagai fitur seperti sinkronisasi dengan akun Google, tab tak terbatas dan pencarian terpadu.

iOS 6 mengusung browser Safari yang juga menawarkan sinkronisasi bookmark dan tab serta menawarkan fitur Reading List yang menjadi fitur andalan Safari.

Kesimpulannya, keduanya memiliki fitur setara dan kemampuan yang sama baiknya, namun Safari memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh Chrome, yaitu fitur Reading List.

Siapakah Pemenangnya?

Wired memutuskan bahwa Apple iOS 6 menang tipis dari Android 4.1 Jelly Bean besutan Google.

Kedua sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, iOS menawarkan berbagai fitur seperi Passbook, VIP email, Facetime dan photo streaming.

Android 4.1 Jelly Bean menawarkan integrasi yang mendalam dengan jejaring sosial, fitur pemetaan yang lebih baik dan juga menawarkan kebebasan dalam memilih handset. Jadi, Anda pilih yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda