Scroll to Top

Best Player Copa America 2011: Luis Suarez

By Wan Faizal / Published on Monday, 25 Jul 2011

Striker Uruguay, Luis Suarez, terpilih sebagai pemain terbaik Copa America 2011. Penampilannya yang konsisten selama turnamen berlangsung memang menjadi acuan dasar terpilihnya pemain Liverpool itu.

Memang, dalam tiga pertandingan penyisihan grup plus laga perempat final melawan Argentina ia hanya mencetak satu gol. Namun, permainannya tetaplah apik dalam empat laga itu.

Suarez kembali unjuk ketajaman di laga semifinal. Dua golnya memastikan Peru gagal melangkah ke babak final. Ketajaman Suarez terus berlanjut di laga final. Ia mencetak gol pembuka Uruguay ke gawang Paraguay.

Meski gagal menjadi top scorer, namun gol-gol yang dicetak Suarez sangat berarti bagi nasib Uruguay di turnamen ini. Golnya ke gawang Peru di fase grup menyelamatkan negaranya dari kekalahan. Sedangkan gol-golnya di semifinal dan final memastikan Uruguay meraih gelar juara.

“Kami harus berterimakasih kepada orang-orang yang telah mendukung kami,” ucap Suarez menunjuk pada dukungan suporter Uruguay selama mereka bertanding.

Suarez menyusul dua nama pemain Uruguay lainnya yang pernah merebut penghargaan ini, yakni Enzo Francescoli (1995) dan Ruben Sosa (1989).

Berikut adalah beberapa nama peraih gelar Pemain Terbaik Copa America:

2011: Luis Suarez (Uruguay)

2007: Robinho (Brazil)

2004: Adriano (Brazil)

2001: Amado Guevara (Honduras)

1999: Rivaldo (Brazil)

1997: Ronaldo (Brazil)

1995: Enzo Francescoli (Uruguay)

1993: Sergio Goycochea (Argentina)

1991: Leonardo Rodriguez (Argentina)

1989: Ruben Sosa (Uruguay)

1987: Carlos Valderrama (Kolombia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda