Scroll to Top

Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Deteksi Gempa

By Ditya / Published on Tuesday, 03 Jul 2012

pendeteksi gempa

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah berhasil menciptakan alat pendeteksi gempa sederhana berbasiskan mikrokontroler ATmega 8 yang dipadukan dengan output suara sirine sebagai tanda peringatan.

Alat pendeteksi gempa sangat bermanfaat untuk keperluan mitigasi daerah rawan bencana gempa bumi. Alat ini mengusung nama Early Eartquake Warning System.

Early Eartquake Warning System ini dibuat oleh tim mahasiswa UNY yang beranggotakan Asep Abdul Syukur, Rahmat Hidayat dan Muh Nana Aviciena yang memanfaatkan mikrokontroler.

Tim pembuat alat pendeteksi gempa ini juga mengungkapkan kemajuan teknologi untuk membuat alat tersebut serta memerlukan dana yang yang tidak sedikit dan waktu yang lama untuk melakukan pengujian.

Pembuatan alat pendeteksi gempa ini juga memiliki tujuan agar masyarakat dari barbagai kelas sosial dapat membuatnya secara mandiri dengan biaya yang murah.

Asep, salah satu anggota tim tersebut mengatakan bahwa pembuatan alat pendeteksi gempa ini menggunakan sistem rangkaian listrik tertutup, sehingga tidak terlalu rumit.

Berbagai peralatan pendukung untuk membuat alat pendeteksi ini juga dijabarkan dengan detail seperti pegas, karet peralon, pipa besi, speaker, aki, tiang aluminium dan modul suara. Semua perlengkapan ini mudah didapat dipasaran.

“Pada saat terjadi getaran, pegas itu akan bergerak dan menyalakan sakelar sirine yang telah diatur pada rangkaian listriknya,” kata Asep, salah satu tim pembuat mesin deteksi gempa.

Alat ini dibangun menggunkan mikrokontroler ATmega 8sebagai input/output atau timer serta sebuah push button untuk keperluan reset data.

“Perangkat lunak untuk membangun alat deteksi gempa ini menggunakan compiler CodeVision AVR dengan bahasa pemrograman C,” kata Rahmat, salah satu anggota tim.

Seperti yang dikutip dari Tempo, Alat pendeteksi gempa sederhana ini telah diujicoba di rumah gempa Taman Pintar Yogyakarta dengan gempa 4 skala richter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda