Scroll to Top

Tips Merawat Busana Batik Agar Awet Indahnya

By C Novita / Published on Wednesday, 04 Jul 2012

batik tulisBatik merupakan salah satu budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Karena cara membuatnya yang cukup rumit, maka kain batik tulis terkadang berharga mahal dan memerlukan perawatan khusus.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana merawat batik, agar tak pudar dan awet indahnya;

  • Untuk pencucian, sebaiknya kain batik tak dicampur dengan pakaian lain yang bukan batik. Menggunakan detergen dapat membuat warna batik cepat pudar, jadi sebaiknya menggunakan sabun lerak atau sabun yang khusus digunakan untuk mencuci batik.
  • Jangan melakukan pemerasan untuk menghilangkan air pada batik, sebab akan membuat batik lecek. Biarkan saja air menetes hingga kering dengan sendirinya.
  • Jangan gunakan mesin cuci, cukup dikucek perlahan saja kain batik Anda.
  • Penjemuran kain batik jangan langsung dilakukan di terik sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja
  • Untuk menyetrika, pakai suhu setrika yang hangat, tak terlalu panas agar warna kain tak cepat pudar dan serat kainnya tak rapuh.
  • Jika Anda menyimpan kain batik di lemari, maka secara berkala beberapa bulan sekali keluarkan dan angin-anginkan. Ini menghindari tumbuhnya jamur dan ngengat yang memakan kain koleksi Anda tersebut.
  • Beri merica, atau akar wangi yang dibungkus kain pada lemari penyimpanan batik, agar ngengat atau binatang pemakan kain tak muncul di sana.

 

 

Sumber infobatik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda