Scroll to Top

Rotation Curation: Tren Internasional Twitter Paling Gress

By Melissa / Published on Wednesday, 04 Jul 2012

Twitter Rotation Curation

Setelah bulan Desember lalu Swedia secara resmi menggunakan Twitter untuk mempromosikan pariwisata negaranya di bawah akun @Sweden, ternyata langkah yang diambil pemerintah Swedia tersebut mulai diikuti oleh sejumlah negara lain.

Rotation Curation adalah kumpulan akun Twitter yang mewakili suatu negara atau budaya dalam negara tersebut, dan ditulis secara rotasi oleh para penduduk negara tersebut setiap minggunya. Di Twitter, proyek ini dikenal dengan hashtag #RotationCuration.

Tujuan dari proyek ini adalah memperkenalkan negara mereka secara utuh ke seluruh dunia, oleh karena itu para ‘tuan rumah’ yang mengomando akun tersebut memiliki latar belakang kehidupan yang beragam.

Belanda, yang baru saja bergabung dalam proyek ini dengan nama akun @Netherlanders, akan memulai rotasinya tanggal 16 Juli mendatang, namun akun tersebut sudah mulai aktif.

Elmer selaku tuan rumah @Netherlanders untuk minggu ini telah meminta Swedia melalui @Sweden untuk membantu promosi akun negaranya. @Sweden dengan senang hati membantu @Netherlanders, menyebabkan followers akun negara baru di Rotation Curation tersebut meningkat pesat dari 80 menjadi lebih dari 1000.

Menurut Elmer, konsep Netherlanders.eu sendiri diinspirasi oleh proyek @Sweden. Tidak seperti pemerintah Swedia yang terlibat langsung dalam Twitter, Netherlanders merupakan proyek mandiri yang tidak terkait dengan pemerintah Belanda atau kelompok pariwisata tertentu.

Tujuan dari proyek Netherlanders sendiri adalah untuk menjawab berbagai anggapan dan pertanyaan mengenai keseharian orang Belanda, seperti apakah benar kincir angin tersebar di mana-mana dan apakah seluruh negara ditumbuhi bunga tulip.

Meski belum diketahui secara pasti apakah @Sweden berhasil meningkatkan pariwisata Swedia, namun akun ini berhasil menarik 67.000 followers.

Setelah dipelopori oleh Swedia, dalam 6 bulan terakhir muncul belasan grup Rotation Curation yang siap berbagi budaya dari negaranya.

Negara-negara tersebut antara lain Australia, Eslandia, Ukraina, Rusia, Perancis, Austria, Amerika Serikat, Selandia Baru, Irlandia, Jerman, Meksiko, Pakistan, Syria dan juga negara tetangga yaitu Singapura, Malaysia dan Filipina.

Apakah Indonesia juga akan ‘bergabung’ dalam tren #RotationCuration ini?

(via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda