Scroll to Top

Hati-Hati Penipuan SMS dengan Modus Koin KPK

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 04 Jul 2012

Saweran KPK Koin KPKAda saja akal bulus para penipu dalam menjerat korban. Kini satu lagi modus baru dalam penipuan SMS yang sering dijumpai pengguna telepon genggam. Dengan memanfaatkan moment Koin KPK, mereka mencari korban via pesan singkat ini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Koin KPK atau kerap disebut dengan Saweran KPK adalah sebuah social movemnet atau gerakan sosial yang diprakasai masyarakat untuk mendukung pembangunan gedung baru KPK.

Gerakan ini sejatinya dilakukan melalui dua cara: di lapangan serta melalui sistem tranfers resmi yang dikelola oleh KPK sendiri. Untuk transfer rekening Anda bisa mendapatkan info maupun laporan resminya di akun @SaweranKPK, @KoinKPK, dan @illiandeta.

Lantas bagaimana modus penipuan KPK lewat pesan singkat ini? Masih dengan modus lama. Nantinya penipu meminta pulsa dengan mengirimkan pulsa dengan nominal tertentu ke nomor tertentu. Tentu saja pulsa ini digunakan dengan dalih untuk Koin KPK.

“Saya sendiri dapat SMS tersebut pukul 10.41 WIB tadi, kemudian saya cek langsung CDR dari si pengirim (085218777974). Terbaca dia mengirimkan pesan yang sama ke banyak nomor,” terang Roy Suryo, seperti dikutip dari Detik, Rabu (04/07/12).

Anggota DPR RI yang konon katanya pakar telematika ini melanjutkan, ia langsung mengindikasi jika SMS tersebut memiliki pola penipuan. Maka politisi Partai Demokrat ini langsung mem-broadcast ke media dan masyarakat agar mereka waspada.

Illian Deta Artasari, aktivis penggalangan dana Koin KPK memberikan pesan kepada masyarakat agar memberikan bantuan Saweran KPK ke Posko KPK atau melalu jaringan pegiat antikorupsi yang terpercaya. Jangan melalui fihak lain yang mengatasnamakan KPK terutama SMS.

“Kita tidak melakukan penggalangan dana itu lewat SMS, itu penipuan,” imbuh Illian Deta Artasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda