Scroll to Top

FB akan Segara Perbaiki Masalah Kontak Email di Ponsel

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 04 Jul 2012

Facebook Paksa Ubah Alamat Email PenggunaPersoalan kacaunya alamat email saat sinkronisasi di telepon genggam akibat kebijakan baru email Facebook, akhirnya sampai juga ke telinga jejaring sosial semiliar umat ini. FB berjanji bakal segera menuntastan masalah kontak email pengguna.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Facebook telah menerapkan kebijakan baru yang cenderung memaksakan penggunanya terkait alamat email yang digunakan. Kebijakan ini mengubah seluruh alamat email pengguna yang digunakan untuk mendaftar FB dengan alamat baru @Facebook.com.

Terang saja pengguna langsung mengeluhkan langkah kontroversial Facebook ini. Tidak sedikit dari mereka yang protes meski FB menegaskan jika langkah mereka murni untuk konsistensi dan bukan ‘menjerumuskan’ pengguna untuk memakai email Facebook.

Keluhan ini wajar sebab akibatnya juga dirasakan langsung oleh pengguna. Setidaknya ada dua implikasi dari perubahan alamat email Facebook: munculnya panel baru dalam inbox (pesan) di Facebook, dan sinkronisasi yang kacau di perangkat mobile.

Masalah ini muncul tatkala pengguna mencoba mensinkronisasikan kontak telepon dengan akun Facebook yang mereka gunakan. Dengan kebijakan ini, maka kontak telepon (alamat email) akan secara otomatis menggunakan alamat email baru FB.

“Mereka yang mensinkronisasikan perangkat tertentu akan menjumpai bug yang menarik alamat email baru kemudian akan ditambahkan daripada alamat email mereka yang lama,” terang salah satu juru bicara Facebook pada Telegraph, Rabu (04/07/12).

Facebook pun mengakui dengan kacaunya sinkronisasi ini. Juru bicara FB menambahkan, sinkronisasi Facebook akan ‘menarik’ alamat email di situs tersebut (@Facebook.com) sehingga alamat email lain atau pihak ketiga tidak akan ditampilkan.

Facebook sendiri berjanji akan segera menuntaskan masalah ini. Yang patut disayangkan, mengapa Facebook tidak pernah memberikan petunjuk atas kebijakan tersebut dan dampaknya dan serta merta langsung menjalankan kebijakan barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda