Scroll to Top

Xavi Hernandez Pemain Spanyol dengan Gelar Terbanyak Sepanjang Sejarah

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 05 Jul 2012

Xavi Hernandez

Dengan keberhasilan meraih Euro 2012, Xavi Hernandez tercatat sebagai pemain Spanyol dengan gelar terbanyak sepanjang sejarah. Ia melampaui Paco Gento, sayap legendaris Real Madrid pada era 1950-an hingga 1960-an.

Apakah Xavi adalah pemain terbaik Spanyol sepanjang masa memang masih menjadi perdebatan. Namun, jika melihat koleksi gelar yang diraih gelandang berusia 32 tahun, fakta berbicara demikian.

Sejak memulai karier di Barcelona B pada musim 1997-1998 lalu, Xavi sudah mengantongi 23 gelar di semua kompetisi yang diikutinya, baik bersama klub maupun bersama negara.

Untuk Barcelona, Xavi sudah mempersembahkan enam gelar juara La Liga, dua gelar Copa del Rey, lima Piala Super Spanyol. 13 gelar di kompetisi domestik berkorelasi dengan gelar-gelar lain yang didapatnya bersama Blaugrana di Eropa dan dunia.

Tiga kali Xavi mendapatkan gelar juara Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan yang tak kalah penting dua gelar Piala Dunia Antar Klub.

Dan yang paling membanggakan adalah capaiannya bersama timnas Spanyol. Seiring dengan kematangannya sebagai pembagi bola, sang Puppet Master menghasilkan dua gelar Euro (2008 dan 2012) dan satu Piala Dunia (2010).

Yang paling menarik adalah, gelar demi gelar yang didapat Xavi dalam empat tahun terakhir. Sepanjang periode tersebut, ia memperoleh 13 gelar di tingkat klub, dan tiga gelar bersama timnas Spanyol.

Xavi Hernandez (2)

Capaian Xavi ini melewati rekor Francicso ‘Paco’ Gento yang mengantongi 22 gelar. Sayap Real Madrid ini menjadi salah satu pemain yang mengantar Spanyol meraih gelar Eropa mereka pertama kali pada tahun 1964. Selebihnya, 21 gelar lain didapat dari Real Madrid. Rinciannya, 2 Piala Raja, 6 gelar Liga Champions, 1 Piala Interkontinental (pendahulu Piala Dunia Antar Klub), dan 12 gelar La Liga dalam rentang musim 1953-54 hingga 1968-69.

Bersama Paco Gento, ada pula nama kompatriot Xavi, Andres Iniesta. Gelandang serang ini juga mengoleksi 22 gelar. Perbedaan satu gelar dengan Xavi, terjadi ‘berkat’ gelar La Liga 1998-99 yang didapat Xavi Hernandez saat masih berusia 19 tahun. Ketika itu Barcelona masih dilatih oleh pelatih asal Belanda, Louis Van Gaal.

(SPORT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda