Scroll to Top

Piala Dunia 2014: Adakah Yang Bisa Menghentikan Spanyol?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 05 Jul 2012

Spanyol

Tiga turnamen berturut-turut berhasil ditaklukkan Spanyol. Mulai dari Euro 2008, Piala Dunia Afrika 2010, dan terakhir Euro 2012. Selang dua tahun mendatang, Piala Dunia 2014 akan digelar di Brazil. Adakah yang bisa menghentikan La Furia Roja meraup gelar juara keempat dalam empat turnamen terakhir yang mereka ikuti?

Apa yang terjadi pada Spanyol di Piala Dunia 2014 Brazil? Apakah mereka akan kembali menuai sukses seperti di tiga turnamen berikutnya? Jika kita bicara isi skuad La Furia Roja, peluang untuk hal tersebut terbuka lebar.

Dari 23 pemain Spanyol yang berlaga di Euro 2012, cuma ada 4 yang sudah berkepala tiga. Mereka adalah Iker Casillas (31 tahun), deputinya, Victor Valdes (30 tahun), Xavi Hernandez (32 tahun), dan Xabi Alonso (30 tahun). Tiga dari empat pemain ini adalah pilar Spanyol di Ukraina-Polandia kemarin.

Bicara kiper, pada 2014 mendatang, Casillas akan berusia 33 tahun. Cukup tua untuk pemain lapangan, tetapi tidak untuk penjaga gawang. Tengoklah Gianluigi Buffon yang dalam usia 34 tahun menjadi sosok kunci keberhasilan Italia menembus partai puncak Euro 2012.

Sebagai ‘pelapis’ Valdes dan Jose Manuel Reina, layak dinanti akan seperti apa perkembangan David De Gea (21 tahun) di Manchester United atau Joel Robles (22 tahun) di Atletico Madrid, atau Oier Olazabal (22 tahun) di Barcelona.

Bicara pemain lapangan, saat ini, Xavi dan Xabi Alonso memang menjadi pemain kunci timnas senior. Namun, andai mereka terdepak dari skuad dua tahun lagi, masih ada Andres Iniesta yang akan berusia 30 tahun kala itu. Spanyol pun tak akan kehabisan stok gelandang karena ada Juan Mata (24 tahun) dan Cesc Fabregas (25 tahun) yang sudah menjadi ‘tulang punggung’ Spanyol di Euro 2012.

Pemain-pemain muda La Furia Roja lainnya di berbagai sektor, seperti Jordi Alba (23 tahun), Sergio Busquets (23 tahun), Juan Mata (24 tahun), dan Gerard Pique (25 tahun) juga dilibatkan dalam keberhasilan La Furia Roja awal Juli kemarin.

Generasi berikutnya pun tak kalah memikat. Ada Iker Muniain (19 tahun) dan Ander Herrera (22 tahun) yang membawa Athletic Bilbao menciptakan sensasi musim lalu di Eropa. Martin Montoya dan Thiago Alcantara (21 tahun) juga akan semakin matang di Barcelona dalam dua tahun kedepan. Gelandang brilian Isco yang memperkuat Malaga, juga baru berusia 20 tahun. Oriol Romeu (20 tahun) juga berpeluang menikmati masa petualangannya di Chelsea.

Spanyol

Kalaupun ada ‘titik lemah’, adalah sektor depan La Furia Roja. Pada 2014, David Villa akan berusia 31 tahun. Fernando Torres 30 tahun. Fernando Llorente dan Alvaro Negredo yang sedikit lebih muda, belum mendapatkan kesempatan penuh dibandingkan duo seniornya. Namun, dengan strategi unik 4-6-0 Vicente Del Bosque, terbukti bahwa tanpa penyerang murni pun, Spanyol masih tetap berbahaya.

Dengan melihat skuad Spanyol saat ini dan calon-calon bintang muda mereka yang bertebaran, layak ditunggu, negara mana yang mampu menghentikan mereka di Piala Dunia 2014. Apakah Argentina dengan Lionel Messi-nya, atau Brazil sang tuan rumah, atau negara Eropa lain seperti Portugal, Italia, dan Jerman yang akan semakin matang dua tahun lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda