Scroll to Top

6 Tips Agar Fans Facebook Page Anda Tetap Setia Berkunjung

By Melissa / Published on Thursday, 05 Jul 2012

Facebook Page

Parameter kesuksesan suatu produk di Facebook Page mulai berubah. Targetnya bukan lagi total jumlah fans, melainkan jumlah fans setia yang selalu datang berkunjung.

Siapa yang dianggap memenangkan persaingan dapat dinilai dari jumlah fans yang senantiasa me-“Like” dan berkomentar di setiap konten, seperti yang diutarakan oleh penyedia software marketing Facebook, Wildfire Interactive.

Wildfire Interactive merilis hasil studi terbaru yang membeberkan 6 strategi agar fans Facebook Page selalu kembali untuk melihat konten terbaru:

  • Kenali dan dalami passion penggemar Anda. Sebagai pemilik Facebook Page, Anda tentunya tahu segmen fans Anda dan kira-kira hal apa saja yang menarik perhatian mereka. Jika produk Anda berhubungan dengan makanan, alih-alih membahas produk Anda melulu, minta fans untuk saling bertukar resep atau berbagi opini mengenai tren makanan terbaru.
  • Tanyakan pertanyaan yang sederhana. Para fans akan lebih mudah berkomentar apabila Anda melempar pertanyaan yang mudah dijawab dengan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’. Pertanyaan ‘terbuka’ memang akan memancing pendapat yang menarik, namun terkadang banyak fans malas beropini karena harus memikirkan jawaban yang baik.
  • Berikan petunjuk yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dari fans. Gunakan instruksi yang lengkap jika Anda ingin fans berinteraksi dengan cara tertentu. Bila Anda menulis “klik Like jika Anda menyukai produk ini”, petunjuk sederhana ini akan benar-benar meningkatkan jumlah Like dibandingkan jika Anda tidak memberikan instruksi tertentu.
  • Manjakan fans Anda. Firma peneliti Razorfish menyatakan bahwa alasan utama fans me-“Like” Facebook Page suatu brand adalah agar mereka mendapat akses terhadap konten eksklusif, promosi dan diskon. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memasang kupon diskon atau informasi terbaru yang belum dirilis untuk publik. Anda juga bisa meniru promosi Dunkin’ Donut yang memberikan berbagai keuntungan untuk pengguna yang dinobatkan sebagai ‘fan-of-the-week‘.
  • Berinteraksi secara personal. Menyebut setiap nama fans saat membalas komentar mereka satu per satu akan menyenangkan hati mereka karena fans merasa dihargai dan didengar. Akan tetapi jangan terjebak dalam interaksi pasif, pancing mereka dengan meminta pendapat lebih lanjut, lalu jika memungkinkan dan sesuai dengan kebijakan perusahaan, turuti saran dan pendapat mereka.
  • Tunjukkan ‘sisi belakang layar’ brand Anda. Para pengguna cenderung lebih menyukai brand yang menampilkan konten ‘behind the scenes. Mereka akan merasa lebih mengenal dan lebih tahu mengenai produk kesukaan mereka. Strategi ini akan memberikan kesan bahwa produk tersebut tampak ‘lebih dekat’ dan perusahaan Anda terbuka untuk diajak berkomunikasi oleh fans.

(via AllFacebook)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda