Scroll to Top

Malware Android Akan Semakin Mengancam Akhir Tahun ini

By Ditya / Published on Thursday, 05 Jul 2012

Android Malware

Perusahaan keamanan dan antivirus, Trend Micro mengatakan bahwa ancaman serangan malware untuk sistem operasi mobile Android akan semakin meningkat akhir tahun ini.

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa Android menjadi sasaran serangan malware? Jawabnya sederhana, karena Android adalah sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan saat ini.

Fenomena yang sama terjadi di dunia komputer dimana sistem operasi Windows yang notabene paling banyak digunakan ini menjadi sasaran utama serangan malware dan virus.

Menurut Trend Micro, serangan malware sistem operasi Android telah meningkat ke tingkat yang mengkhawatirkan dan membahayakan.

Trend Micro juga mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan lebih dari 5.000 aplikasi jahat yang dirancang untuk menyerang Android dan angka ini meningkat secara signifikan menjadi sekitar 20.000 dalam beberapa bulan terakhir.

Bahkan perusahaan kemanan ini juga memperkirakan bahwa pada kuartal ketiga mendatang, jumlah malware Android akan tumbuh menjadi 38.000 pada kuartal ketiga dan 130.000 malware pada akhir tahun 2012 nanti.

Jika perkiraan Trend Micro benar, maka pengguna sistem operasi Android harus mempersiapkan diri untuk menghadapi wabah serangan malware akhir tahun nanti.

Pembuat malware Android ini juga memanfaatkan Google Play Store untuk mendistribusikan aplikasi jahatnya untuk mencuri data-data dan melanggar privasi pengguna.

Google tampaknya harus mulai memperketat pengawasan perangkat lunak apa saja yang masuk ke toko aplikasi Google Play Store. Ketidakmampuan Google untuk menumpas malware di Play Store ini akan memperburuk reputasi Google.

Seperti yang dikutip dari CNET, Trend Micro juga mengatakan bahwa lebih dari 700.000 aplikasi berbahaya telah didownload pengguna Android dari Google Play Store sebelum aplikasi berbahaya tersebut dihapus oleh Google.

Tampaknya popularitas Android yang menguasai lebih dari 50% pasar smartphone menyebabkan sistem operasi ini menjadi sasaran menarik bagi pembuat aplikasi jahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda