Scroll to Top

Emerald, Superkomputer Yang Ditenagai GPU

By Ditya / Published on Thursday, 05 Jul 2012

Nvidia Tesla

Emerald adalah salah satu superkomputer yang masuk daftar situs Top500 sebagai salah satu dari 500 super komputer tercepat di dunia. Superkomputer Emerald ini sedikit berbeda dengan superkomputer lainnya, karena super komputer ini ditenagai oleh GPU.

Seperti yang kita tahu, GPU (Graphics Processing Unit) atau yang lebih akrab disebut disebut VGA (Video Graphics Array) card oleh pengguna komputer di Indonesia ini adalah perangkat komputer pengolah grafis atau untuk gaming.

Namun sebuah superkomputer yang bernama Emerald yang berada di Rutherford Appleton Laboratory (RAL), Oxfordshire, Inggris, memanfaatkan GPU sebagai tenaga komputasi superkomputer tersebut.

Emerald menduduki peringkat 159 di situs top500 pada bulan Juni 2012 dengan skor kinerja mencapai 114,4 teraflops yang ditenagai oleh 372 GPU dari Nvidia dan 12.000 prosesor Intel Xeon generasi Westmere dan dilengkapi kapsitas penyimpanan sebesar 100TB.

Emerald menggunakan GPU Nvidia Tesla M2090. GPU seri Tesla memang didesain Nvidia untuk menangani komputasi berbasis GPU.

Saat ini GPU tak hanya digunakan untuk memproses grafis atau game saja, namun juga dapat digunakan untuk komputasi pararel melalui teknologi Nvidia CUDA atau AMD Stream.

Dalam sebuah sistem superkomputer, GPU berperan sebagai co-processor atau ‘pembantu’ dari CPU (Central Processing Unit), sehingga keduanya berkolaborasi untuk menghasilkan kinarja komputasi yang tinggi.

Superkomputer Emerald ini digunakan para ilmuwan untuk menjalankan berbagai simulasi dari kesehatan hingga astrofisika, seperti simulasi efek vaksin Tamiflu pada flu babi atau membuat permodelan perubahan iklim  dan permodelan komunikasi 3G/4G.

Seperti yang dikutip dari Hexus, biaya yang dihabiskan untuk membangun superkomputer Emerald ini sekitar 3,7 juta poundsterling atau sekitar Rp. 52,8 miliar rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda