Scroll to Top

Spanyol Juara Euro 2012, Barcelona Juara Liga Spanyol dan Liga Champions 2012-2013?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 05 Jul 2012

Barcelona 2

Keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2012 bukan tidak mungkin bisa membawa Barcelona meraih gelar juara Liga Spanyol dan Liga Champions musim depan. Setidaknya, demikianlah yang terjadi setelah dua turnamen besar sebelumnya, Euro 2008 dan Piala Dunia 2010.

Empat tahun yang lalu, Spanyol menghilangkan status juara tanpa mahkota yang sekian lama melekat pada mereka. Gelar Piala Eropa 2008 diboyong setelah menaklukkan Jerman 1-0 lewat gol Fernando Torres. Ada tiga punggawa Barcelona di skuad tim Swiss-Austria. Mereka adalah Carles Puyol, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez.

Entah tertular dengan kesuksesan Spanyol atau hanya kebetulan, musim berikutnya (2008/2009) dengan seorang manajer baru bernama Pep Guardiola, El Barca menyapu bersih semua kejuaraan yang mereka ikuti. La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions, disantap oleh tim yang haus gelar.

Barcelona

Kejadian serupa nyaris terulang dua tahun kemudian. Spanyol kali ini menjadi juara dunia. Di Afrika Selatan, mereka membenamkan Belanda dengan skor tipis 1-0.

Total, ada 13 pemain Barcelona yang tampil di Afrika Selatan. 7 di antaranya milik La Furia Roja. Selain tiga nama yang sudah ada di skuad dua tahun lalu, ada nama Pedro Rodriguez, Sergio Busquets, Victor Valdes, dan Gerard Pique.

Pasca juara Piala Dunia, para pemain Barcelona pun kembali meraih gelar La Liga dan Liga Champions. Sayang, Copa del Rey lepas dari genggaman tangan setelah Real Madrid menekuk mereka 1-0.

Pertengahan tahun ini, Spanyol kembali menjadi juara. Layaknya tahun 2008, Barcelona akan memulai musim dengan manajer baru, Tito Vilanova. Apakah kali ini kejadian yang sama akan terulang? Ataukah kali ini 8 pemain Barcelona yang ada di skuad Spanyol (minus Carles Puyol, namun surplus Cesc Fabregas dan Jordi Alba) gagal melanjutkan tradisi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda