Scroll to Top

FIFA: Teknologi Garis Gawang Diberlakukan Bulan Desember

By Naqib Najah / Published on Friday, 06 Jul 2012

FIFA

Drama pemberlakuan teknologi garis gawang akhirnya menemukan lampu hijaunya. Setelah melalui pemungutan suara di Zurich, hari ini (5/7) FIFA mengizinkan penggunaan teknologi garis gawang untuk mengantisipasi adanya gol-gol kontroversial.

Dua teknologi garis gawang, Hawk-Eye dan GoalRef telah disetujui oleh Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional. Dilansir oleh The Sun (5/7), teknologi tersebut telah melalui serangkaian tes ilmiah.

Chelsea mendapat peruntungan untuk mencoba teknologi Hawk-Eye dan GoalRef itu pada Piala Dunia antar klub Desember mendatang. Jika Hawrk-Eye dan GoalRef terbukti sukses dalam perhelatan yang akan digelar di Jepang nanti, maka Premier League akan turut menggunakannya seusai tahun baru.

Liga Inggris boleh dibilang kompetisi dunia yang paling apresiatif terhadap teknologi garis gawang ini.

Sekjen FA Alex Horne mengatakan:

“Kami percaya bahwa itu adalah hari besar bagi sepak bola.”

“Liga Premier telah menjadi pendukung jangka panjang teknologi garis gawang. Kami akan terlibat dalam diskusi mengenai Hawk-GoalRef dan dalam waktu dekat dengan tujuan untuk memperkenalkan teknologi garis gawang akan kami terapkan di Liga Inggris sesegera mungkin,” tutur perwakilan Premier League tersebut.

FIFA juga berjanji, teknologi garis gawang akan mulai diberlakukan pada Piala Konfederasi 2013 dan Piala Dunia 2014 mendatang.

Butuh biaya 250.000 pound (sekitar 2,6 miliar rupiah) untuk mengaktifkan Hawk-Eye. Dengan teknologi ini, maka akan ada enam kamera di setiap sudut stadion untuk menghitung posisi tiga dimensi bola.

GoalRef sendiri merupakan teknologi pendukung yang berbentuk sensor di mulut gawang. Dengan dua teknologi Hawk-Eye dan GoalRef wasit akan segera mendapatkan pemberitahuan beberapa detik setelah bola melewati garis gawang.

Patut ditunggu perkembangan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda