Scroll to Top

Tips Twitter: Mengarsip Tweet Secara Otomatis ke Dropbox

By Ibnu Azis / Published on Friday, 06 Jul 2012

Tweet to Dropbox

Mungkin Anda kerap bertanya, bagaimana mengarsip atau menyimpan tweets yang pernah ditulis di Twitter? Jawabannya sangat simple, gunakan tool dari IFTTT.

Twitter lewat ‘hukum’ barunya yang telah dimutakhirkan beberapa waktu yang lalu, hanya mengizinkan pengguna mengakses tweets terbaru (recent) hingga 3.200 kicauan saja.

Dengan demikian Anda hanya bisa melihat tweets yang pernah ditulis sebatas 3.200 kicauan saja. Lantas tweets sebelum 3.200 tersebut bagaimana? Tentu Anda tak bisa membacanya.

Sangat sayang bukan jika salah satu tweet di masa lalu tidak bisa dibaca lagi. Mungkin saja tweet tersebut memiliki kenangan berarti buat Anda di Twitter.

Nah dengan layanan IFTTT Anda tak perlu lagi khawatir tweet yang pernah dituliskan tak bisa dibaca lagi. Dengan tool gratisan ini, mulai saat ini tweet Anda akan diarsip dengan baik dan aman.

Lantas bagaimana menggunakannya? Sila kunjungi laman IFTTT di tautan ini dan berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, lakukan pendaftaran. Mendaftar layanan di IFTTT gratis termasuk menggunakan produknya.
  2. Kemudian tuju laman ini (log tweets to a dropbox file) untuk memulai proses pengarsipan. Jika telah masuk ke laman tersebut, klik use recipe.
  3. Anda harus memasukkan akun Twitter dan Dropbox. Sila klik dua logo layanan tersebut. Kemudian pilih tweet yang harus diarsipkan. Apakah mention dan retweet akan diarsip pula.
  4. Jika sudah maka klik update. Nantinya setiap Anda men-tweet di Twitter, maka akan secara otomatis terseimpan di folder Dropbox.

Nantinya arsip tweet tersebut akan berjenis berkas dokumen .txt (notepad) yang akan secara otomatis disimpan di folder Dropbox baik itu di komputer maupun di situs penyimpanan ‘awan’ ini.

Sedangkan format arsip tweet tersebut nanti akan berpola: teks (tweet Anda) + di-publish pada + dan tautan ke tweet (laman Twitter), atau seperti gambar di bawah ini.

Contoh IFTTT

Penasaran dengan tool IFTTT? Sila tuju laman berikut untuk melakukan regristasi dan tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda