Scroll to Top

Download Musik MP3 Ilegal Gratisan di Internet Bakal Segera Berakhir

By Ibnu Azis / Published on Friday, 06 Jul 2012

Download MP3 ilegal

Bagi Anda yang gemar download MP3 gratisan mulai sekarang harus siap gigit jari. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) berencana untuk memblokir seluruh situs unduhan musik ilegal dalam negeri.

Aksi blokir ini sepertinya bukan ancaman kosong belaka. Sebab APJII siap bekerjasama dengan ISP terkait atau penyedia jasa internet Indonesia dalam melindungi keberlangsungan musik nasional. Lantas bagaimana sistem dan konsep pemblokiran tersebut?

“Sifatnya seperti clearing house yang akan menutup konten tidak berizin sehingga musik lokal lebih dihargai,” terang Semmy Pangerapan dalam Musyawarah APJII, seperti dikutip dari Antara, Jumat (06/07/12).

Masih menurutnya, dengan kebijakan ini bakal menguntungkan pelbagai fihak. Mulai penyelenggara jasa internet (ISP), industri musik sendiri, dan juga pelanggan. Namun apakah maksud sosok ‘pelanggan’ ini? Pelanggan internet atau pelanggan musik gratisan?

Persoalan konten ilegal di internet terlebih musik memang telah mendarah daging menjadi problematika akut bagi industri musik tanah air. Ahmad Dhani sendiri hingga terheran-heran beberapa waktu lalu, jika situs porno bisa diblokir mengapa unduhan MP3 ilegal tidak?

“Platform itu akan mengontrol hak atas kekayaan intelektual, payment gateway, dan konten agregrator. Misal, ketika pelanggan ISP mengunduh musik ilegal, otomatis ISP akan memperoleh notifikasi dan konten untuk diblok,” imbuh Ketua Umum APJII ini.

Salah satu budaya di internet yang sering digunakan oleh netizen adalah tradisi gartisan. Jika ada yang gratis mengapa harus bayar? Bilamana skema di atas jadi diterapkan, apakah budaya tersebut masih berlaku? Tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda