Scroll to Top

iGlass, Pesaing Google Glass Dari Apple?

By Ditya / Published on Friday, 06 Jul 2012

Paten Apple iGlass

Apple tampaknya tidak tinggal diam melihat Google melenggang sendirian dengan Google Glass yang futuristik, Apple dikabarkan telah menyiapkan pesaing Google Glass yang kemungkinan akan mengusung nama iGlass.

Kacamata futuristik besutan Apple nantinya akan mengusung nama iGlass dan didalamnya menggunakan sistem operasi iOS. Apple juga telah mempersiapkan diri dengan mendaftarkan berbagai paten terkait kacamata canggihnya.

Teknologi yang digunakan Apple ini menggunakan refleksi internal dimana cahaya memantul dalam lensa dari titik asal. Cara kerja seperti ini mirip dengan cara kerja mikro proyektor atau LCD/OLED panel.

Mekanisme kerja seperti ini telah dipatenkan oleh Apple dengan mengusung nama “Peripheral treatment for head-mounted displays” yang memungkinkan sebuah alat membuat display mini di dekat mata pengguna tanpa menyebabkan regangan mata.

“Salah satu keuntungan dalam mekanisme kerja di dareah perifer di bidang pandang adalah meningkatkan kenyamanan menonton dibanding teknologi HMDS konvensional.”

“Penggunaan HMDS konvensional dapat menyebabkan beberapa pengguna mengalami fenomena ‘mabuk’ selama menonton dalam jangka waktu lama. Keuntungan lain yang ditawarkan adalah pengalaman yang lebih mendalam, bidang maya pandang yang lebih besar dan meningkatkan kecerahan citra keseluruhan,” menurut paten Apple.

Keberadaan proyek iGlass sejauh ini masih rumor namun beberapa teknologi pendukung dari iGlass ini dudah dipatenkan oleh Apple, sehingga bukan tidak mungkin iGlass segera menjadi kenyataan.

Google Glass hadir dengan berbagai integrasi layanan Google seperti Google Maps dan lain sebagainya, lalu bagaimana dengan Apple iGlass?

Seperti yang dikutip dari Slashgear, masih belum jelas apa yang nantinya akan ditawarkan oleh Apple dengan iGlass-nya, namun banyak pihak berharap agar Apple segera merilis prototipenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda