Scroll to Top

Perusahaan Cina Klaim Sebagai Pencipta Siri

By Baihaki / Published on Friday, 06 Jul 2012

Siri iOS 6 Siri iOS 6

Pertikaian klaim paten yang melibatkan Apple nampaknya semakin bertambah panjang. Setelah sebelumnya mereka terlibat pertikaian dengan beberapa perusahaan besar seperti HTC ataupun Samsung, kini mereka harus bertemu dengan sebuah perusahaan kecil dari Cina bernama Shanghai Zhi Zhen Internet Technology.

Perusahaan asal Cina tersebut menuntut bahwa Apple telah mengambil hak mereka atas teknologi yang terdapat dalam software Siri. Mereka mengatakan bahwa pihaknya adalah perusahaan pertama yang menciptakan teknologi di balik pembuatan Siri. Dan, mereka pun mengklaim bahwa telah mematenkan teknologi tersebut pada 2004.

Dikutip dari BGR, dalam paten tersebut, Shanghai Zhi Zhen mengajukan hak paten untuk teknologi digital personal assistant yang dikenal sebagai Xiao i Robot. Teknologi yang dimiliki oleh Xiao i Robot ini pun diklaim sama dengan Siri, bedanya Xiao i Robot tampil dengan bahasa Mandarin. Belum ada tanggapan secara resmi yang dikeluarkan oleh Apple terkait pengajuan tuntutan tersebut.

Dikutip dari Wikipedia, Siri merupakan sebuah teknolgi personal assistant yang bekerja pada platform sistem operasi mobile iOS. Aplikasi ini sebenarnya diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama Siri, Inc yang kemudian diakuisisi oleh Apple pada 28 April 2010. Dan, kemunculan teknologi Siri ini pun sangat mem-booming dan banyak developer aplikasi yang kemudian memunculkan aplikasi mirip Siri.  Dan, dalam produk terbarunya, aplikasi Siri ini nantinya akan bisa digunakan dalam tablet iPad berbasis iOS 6. Sebelumnya, aplikasi ini hanya bisa dipakai pada iPhone yang berbasis iOS 5.

<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda