Scroll to Top

Virus Trojan Pencuri Data Pribadi Ditemukan di Apple App Store

By Baihaki / Published on Friday, 06 Jul 2012

find and call

Sebuah aplikasi bernama Find And Call yang ditengarai sebagai sebuah aplikasi berbahaya muncul di Google Play dan Apple App Store. Hal ini cukup mengejutkan, karena selama ini Apple App Store memiliki image yang bersih dari segala jenis virus.

Aplikasi malware ini pun memiliki kemampuan untuk mencuri data kontak yang ada di handphone Anda. Belum cukup sampai di situ, Find and Call ini juga akan secara otomatis mengirimkan SMS spamming ke nomor-nomor yang ada di handphone Anda. Adalah Kaspersky yang menemukan keberadaan aplikasi berbahaya ini di Google Play dan Apple App Store. Pihak Kaspersky mengatakan bahwa fungsi aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana, yakni hanya menemukan nomor kontak dan melakukan panggilan.

Uniknya, aplikasi ini pun ternyata memiliki sebuah situs resmi. Dan, dalam situsnya, juga terdapat kolom untuk memasukkan beberapa data seperti akun PayPal, email dan akun jejaring sosial. Dan, besar kemungkinan data-data tersebut akan digunakan untuk pencurian uang di PayPal.

Pihak Apple dan Google pun bertindak cukup cepat dalam menangani aplikasi tersebut. Beberapa jam setelah kemunculan aplikasi ini, Google dan Apple secara resmi menghapus file tersebut dari toko aplikasi miliknya. Namun yang cukup aneh, tak lama setelah penghapusan tersebut, pihak developer aplikasi ini menghubungi pihak Apple. Mereka beralasan bahwa aplikasi ini sedang dalam pengembangan atau versi beta. Dan, kasus pencurian data pribadi serta SMS spamming yang terjadi merupakan bug.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda