Scroll to Top

iPhone 5 Gunakan Prosesor Apple A6 Quad-Core?

By Ditya / Published on Friday, 06 Jul 2012

Apple A6

Smartphone generasi terbaru Apple, iPhone 5 diperkirakan akan ditenagai oleh prosesor generasi tebaru besutan Apple. Prosesor tersebut adalah Apple A6 yang diperkirakan telah dilengkapi 4 inti pemroses atau quad-core.

Awal tahun lalu sempat beradar kabar bahwa iPad generasi ketiga menggunakan prosesor Apple A6 quad-core, namun perkiraan tersebut meleset, karena Apple menggunakan prosesor Apple A5X yang diklaim memiliki quad-core graphics.

iPhone generasi terakhir, iPhone 4S masih mengusung prosesor Apple A5 dual-core dengan kecepatan 800Mhz. Sumber yang berasal dari pabrik iPhone di China mengatakan bahwa iPhone 5 menggunakan prosesor Apple A6 quad-core.

Apple dikabarkan akan menyaingi performa prosesor berbasis ARM quad-core yang telah hadir di pasaran seperti Qualcomm Snapdragon S4, Samsung Exynos dan Nvidia Tegra 3.

Penggunaan prosesor quad-core pada iPhone 5 ini bukan tanpa alasan, karena seteru abadinya, Samsung Galaxy S3 telah dilengkapi prosesor Samsung Exynos quad-core.

Meski demikian, tidak menutup spekulasi lain mengenai prosesor yang digunakan oleh Apple iPhone 5. Apple pernah mengatakan bahwa perangkat iOS masih belum ‘butuh’ prosesor quad-core karena sistem operasi iOS lebih optimal di prosesor dual-core.

Alasan yang sama pernah dilontarkan Apple ketika iPad generasi ketiga masih menggunakan prosesor dual-core A5X yang notabene perbaikan kinerja grafis dari prosesor A5.

iPhone 5 diperkirakan akan mengusung layar yang lebih besar dengan resolusi yang bertambah tinggi pula, bukan tidak mungkin Apple mengusung prosesor A5X untuk iPhone 5.

Seperti yang dikutip dari Slashgear, penggunaan prosesor quad-core A6 untuk iPhone 5 akan menambah daya saing terhadap produk kompetitor yang juga telah mengusung prosesor quad-core.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda