Scroll to Top

FIM Terima Laporan Awal Kondisi Sirkuit Motegi

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 25 Jul 2011

Motegi-BoardFIM selaku pemegang otoritas tertinggi balap MotoGP telah mendapatkan hasil pemeriksaan awal kondisi Sirkuit Motegi yang dilakukan oleh ARPA agency.

FIM dan para petinggi-petinggi MotoGP dari Dorna Sport sebelumnya menegaskan bahwa tidak ada alasan untuk membuang gelaran GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi dari kalender seri MotoGP musim ini.

Hal itu mereka katakan setelah beberapa pembalap dan tim menolak untuk membalap di Motegi karena  khawatir akan dampak dari radiasi nuklir yang melanda Jepang khususnya Lingkungan Sirkuit Motegi yang berada tidak jauh dari reaktor nuklir Fukushima.

Untuk memastikan hal tersebut FIM bekerja sama dengan perusahaan swasta setempat dalam hal ini ARPA Agency untuk melakukan penelitian tentang kandungan radiasi nuklir di sekitar sirkuit dan juga pada makanan.

Hasil dari penelitian tersebut akan resmi diumumkan pada tanggal 31 Juli oleh FIM. Walaupun baru resmi di umumkan pada akhir Juli, FIM telah menerima laporan awal mengenai kondisi Sirkuit Motegi dari ARPA.

Laporan awal tersebut kemudian dikeluarkan oleh FIM dalam dua bahasa yaitu, Italia dan Inggris. Dimana secara garis besar dikatakan bahwa radiasi nuklir memang masih ada namun berada dalam batas yang tidak berbahaya dan masih berpotensi untuk berkurang.

Kesimpulannya tidak terdapat radiasi yang membahayakan selama digelarnya balapan di Motegi pada bulan Oktober nanti.

“Penelitian ini dimaksudkan untuk melengkapi informasi yang telah tersedia dari Pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia , yang membahas situasi umum di Jepang setelah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di bulan Maret,” menurut pernyataan FIM.

“Investigasi independen ini melaporkan secara khusus tentang situasi di Motegi dan sekitarnya, sehingga jauh lebih relevan kepada peserta MotoGP”.

Berdasarkan informasi tersebut, FIM dan Dorna akan mengumumkan secara resmi akhir Juli ini mengenai keputusan penyelenggaraan balap di Sirkuit Motegi. Apabila tidak ada masalah yang lebih lanjut maka GP Jepang akan resmi digelar pada tanggal 2 Oktober.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda