Scroll to Top

Barcelona: 24 Pemain Tampil di Olimpiade Sepanjang Sejarah

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 07 Jul 2012

Lionel Messi 2

Ada 24 pemain Barcelona yang sudah tampil di Olimpiade sepanjang sejarah. Jumlah ini akan bertambah menjadi 27 jika Cristian Tello, Jordi Alba, dan Martin Montoya resmi dimasukkan dalam skuad Spanyol di Olimpiade London 2012.

Perjalanan Barcelona mengirim wakil ke Olimpiade dimulai sejak Olimpiade 1920 di Antwerp, Belgia. Ketika itu empat pemain klub: Josep Samitier, Agusti Sancho, Felix Sesumaga, dan Ricardo Zamora menjadi tulang punggung Spanyol. Dengan empat pasukan Barcelona, secara unik, Spanyol sukses meraih perak di partisipasi pertama di ajang Olimpiade.

Barcelona kembali mengirim wakil di Olimpiade Paris 1924, Meksiko 1968, dan Montreal 1976. Namun, dalam tiga kesempatan tersebut, tidak ada satu wakil pun dari klub Catalan yang mampu menyumbangkan medali emas atau perak untuk negaranya.

Barulah pada Olimpiade Seoul 1988 atau 68 tahun setelah Antwerp 1920, ada pemain yang sekali lagi ‘mengharumkan’ El Barca. Dialah Aloisio Pires (Brazil). Sayang, kembali medali perak yang didapatkan karena Brazil dibekap oleh sang juara Uni Sovyet dengan skor 2-1 di partai final.

Empat tahun kemudian, trio Barcelona dimasukkan untuk Olimpiade Barcelona 1992. Mereka adalah Albert Ferre, Antoni Pinilla, dan siapa lagi kalau bukan Pep Guardiola. Dengan tiga pemain ini, Spanyol sukses meraih medali emas dengan mengandaskan perlawanan Polandia 3-2.

Di Olimpiade Atlanta 1996, lagi-lagi ada pemain Barcelona yang memperoleh medali. Dialah Ronaldo si tonggos. Namun, yang didapatkan hanyalah medali perunggu setelah Brazil menghajar Portugal 5-0 di perebutan tempat ketiga. Juara Atlanta 1996 sendiri adalah Nigeria.

Pada Olimpiade Sydney 2000, Carles Puyol, Xavi Hernandez, dan Gabriel “Gabri” Garcia nyaris mengulang kesuksesan Pep Guardiola dkk. pada 1992. Namun sayang, langkah mereka terhenti di final setelah ditekuk Kamerun 5-3 via adu penalti.

Lionel Messi

Yang unik, dalam dua edisi olimpiade terakhir, wakil Barcelona selalu berhasil memboyong emas. Mereka adalah Javier Saviola dan Lionel Messi (Argentina). Saviola mendapatkan emas di Olimpiade 2004 kala tim tango menekuk Paraguay 1-0. Sementara, King Leo menjadi kunci Argentina saat menekuk Nigeria 1-0 di final empat tahun kemudian.

Kini, trio Barcelona: Jordi Alba, Cristian Tello, dan Martin Montoya dipanggil untuk memperkuat Spanyol U-23. Meski masih mungkin dicoret, layak dinanti seperti apa peruntungan mereka di Olimpiade London 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda