Scroll to Top

Indonesian Idol 2012: Blangkon Ahmad Dhani dari Hamengkubuwono VII

By Naqib Najah / Published on Saturday, 07 Jul 2012

Juri Indonesian Idol 2012

Sabtu malam, 7 Juni 2012 boleh jadi menjadi malam bagi dua finalis Indonesian Idol 2012, Sean dan Regina. Kedua finalis itu menjadi primadona di tengah gelaran Indonesian Idol yang menghadirkan banyak band-band tamu. Tapi, di tengah gemerlap euforia itu, muncul satu pernyataan menarik dari salah satu dewan juri, Ahmad Dhani. Apakah itu?

Ahmad Dhani mengaku blangkon yang saat itu dikenakannya adalah blangkon yang biasa dipakai Sri Sultan Hamengkubuwono VII.

Malam ini beberapa alumni Indonesian Idol 2012 mendapatkan kesempatan untuk duet dengan dewan juri. Yoda diberi kesempatan menyanyikan lagu rock bersama Anang Hermansyah. Keduanya tampil memukau, dan di saat Ahmad Dhani mencoba memberikan komentarnya, Anang menggoda presiden dari Republik Cinta Manajemen itu sebagai berikut:

“Pak, dewan juri kok pakek blangkon. Itu dewan juri apa dalang ya?” ledek suami Ashanty.

Dari sinilah Ahmad Dhani menceritakan asal muasal blangkon tersebut. Bahwa dia mengenakannya bukan hanya dalam rangka melestarikan budaya Indoensia, tapi juga menghormati pemilik dari blangkon itu sendiri.

Sri Sultan Hamengkubuwono VII lahir tahun 1839 dan wafat pada tahun 1931 adalah raja Kesultanan Yogyakarta yang memerintah pada tahun 1877-1920. Ia dikenal juga dengan sebutan Sultan Ngabehi atau Sultan Sugih. Nama aslinya adalah Raden Mas Murtejo. Maka akan sangat terhormat apabila Dhani bisa mengenakan blangkon orang besar Yogyakarta itu.

Sebagai opening, beberapa alumi Indonesian Idol 2012 membawakan satu lagu masing-masing. Kemudian ditutup dengan duet sang finalis, Sean dan Regina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda