Scroll to Top

Real Madrid Mendapat 41 Juta Euro dari Penjualan Pemain Muda dalam 4 Tahun Terakhir

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 08 Jul 2012

Real madrid

Real Madrid ‘kurang bersahabat’ dengan pemain binaan mereka sendiri. Dalam empat tahun terakhir, mereka layaknya Arsenal yang mencetak pemain untuk diambil klub lain. Keuntungan yang didapatkan dari jebolan akademi dan tim cadangan mereka, mencapai 41 juta Euro dalam empat tahun terakhir.

Sebutkanlah produk binaan sendiri dalam skuad Real Madrid musim ini. Mereka adalah Iker Casillas, Esteban Granero, Jose Maria Callejon, dan Alvaro Arbeloa. Selebihnya, Los Blancos yang menjadi salah satu klub terkaya di dunia, lebih tertarik untuk merekrut pemain-pemain “jadi” dari mancanegara. Plus, melego sekian calon bintang ke klub lain.

Semisal, pada musim panas ketika Florentino Perez kembali memangku jabatan sebagai presiden Real Madrid. Javi Garcia, Dani Parejo, Alvaro Negredo, dan Miguel Torres yang berada dalam usia menjanjikan (22 hingga 23 tahun) dipersilakan pergi.

Javi Garcia mendatangi Benfica, sementara tiga lainnya berkutat di klub La Liga. Dari penjualan empat pemain ini, ada 27 juta Euro yang masuk ke kantong Real Madrid. Yang termahal adalah Negredo yang dibeli Sevilla seharga 15 juta Euro.

Musim berikutnya, ada Rodrigo Moreno Machado. Pemain Brazil hanya bisa menembus Real Madrid B sebelum akhirnya masuk ke kantong Benfica dengan banderol 6 juta Euro.  Tak kalah ketinggalan, ada Marcos Alonso (sekarang 21) yang pada saat bersamaan pindah ke Bolton Wanderers.

Fran Rico
Fran Rico Saat Masih Berkostum Real Madrid

Musim panas 2011, kasus yang sama terulang. Fran Rico yang masuk Real Madrid B di usia 21 tahun pada 2008, harus pindah ke Granada. Di klub promosi musim lalu, ia pun lebih mampu membuktikan kualitas. Fran Rico menjadi elemen penting bagi klub ‘kembaran Udinese’ lolos dari degradasi.

Juan Carlos Perez Lopez (saat ini 22 tahun) juga membentur dinding di Santiago Bernabeu. Dibeli Braga, kini Juan Carlos mencicipi masa peminjaman di Real Betis. Sebagai catatan, musim lalu ia lumayan sukses berkiprah di Real Zaragoza dengan status pinjaman pula. Pablo Sarabia (Getafe) juga bernasib serupa. 3 Juta Euro adalah harga pemain yang memperkuat Spanyol U-16 hingga U-19.

“Penjualan pemain muda” ini belum berhenti. Musim ini, akan ada Joselu Sanmartin yang pindah jika Real Madrid tak menganggapnya mampu bersaing. Plus Dani Carvajal, bek kanan harapan yang sebenarnya bisa diperbantukan untuk menjaga sisi terlemah Los Blancos.

Perpindahan pemain junior ke klub yang lebih berpeluang menampungnya, adalah sebuah keniscayaan bagi produk Real Madrid C atau B periode ini. Apalagi dengan kebijakan Florentino Perez yang lebih menyukai pemain yang kualitasnya sudah terbukti. Inilah gaya sang presiden, yang musim lalu sukses mendapatkan gelar juara La Liga dengan poin terbesar sepanjang sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda