Scroll to Top

Mozilla Thunderbird Akan Berhenti Dikembangkan?

By Ditya / Published on Sunday, 08 Jul 2012

Thunderbird

Berita kurang sedap muncul dari tim pengembang di Mozilla Foundation yang mengatakan bahwa pengembangan perangkat lunak email client Thunderbird akan dihentikan dan tidak lagi menjadi prioritas bagi tim pengembang Mozilla.

Mitchell Baker dari Mozilla Foundation telah mengeluarkan pernyataan melalui blog bahwa pengembangan perangkat lunak yang masih ‘saudara’ dengan Firefox ini akan dihentikan.

Selama ini perangkat lunak email client Thunderbird cukup banyak digunakan dan menjadi salah satu perangkat lunak email client favorit dan dapat diandalkan.

Software email client Thunderbird ini dirilis pertama kali pada tanggal 7 Desember 2004 dengan kode nama Phoenix dan langsung menyita perhatian pengguna internet waktu itu.

Perangkat lunak besutan Mozilla ini masih ‘saudara’ dengan Firefox karena sama-sama menggunakan mesin render Gecko dan dirilis untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Thunderbird sendiri kini telah mencapai versi 13 yang telah dirilis bulan lalu dan kabarnya akan mendapat pembaruan sekali lagi atau satu versi lagi pada tanggal 20 November mendatang.

Seperti yang dikutip dari Legit Review, pernyataan penghentian pengembangan Mozilla Thunderbird ini tentu saja menuai kekecewaan bagi para penggunannya.

Mozilla beralasan penghentian pengembangan Thunderbird dikarenakan fitur-fitur Thunderbird telah memenuhi kebutuhan pengguna dan kebanyakan pengguna hanya menggunakan fitur-fitur dasar email saja.

Mozilla juga menambahkan bahwa pihaknya masih memberi dukungan keamanan dan pembaharuan keamanan serta lebih berorientasi dengan kestabilan dari pada pengembangan berbagai fitur baru.

Mitchell Baker juga mengatakan bahwa pihaknya terbuka terhadap pengembangan software Thunderbird lebih lanjut oleh pengembang pihak ketiga yang tertarik untuk mengembangkan Thunderbird.

“Kebanyakan pengguna Thunderbird cukup senang dengan fitur dasar email. Secara umum kami melihat peningkatan popularitas aplikasi berbasis web daripada solusi desktop seperti yang ditawarkan Thunderbird. Kami akan fokus pada stabilitas Thunderbird dan mendorong inovasi pengembangan pihak ketiga,” kata Mitchell baker dari Mozilla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda