Scroll to Top

Liga Inggris: Sepuluh Transfer Musim Panas Terbaik Sejauh Ini

By Wan Faizal / Published on Monday, 09 Jul 2012

Bursa transfer musim panas 2012-2013 telah dibuka per 1 Juli lalu. Hingga beberapa hari setelah dibuka, lalu-lintas transfer memang cukup ramai. Klub-klub Premier League seperti berlomba mendapatkan amunisi terbaik untuk menyongsong musim depan dengan harapan meraih prestasi lebih baik dari musim lalu.

Dari puluhan transfer yang telah terjadi hingga saat ini, berikut ini adalah sepuluh transfer terbaik yang didapat klub Premier League versi Sidomi:

Lukas Podolski (FC Cologne ke Arsenal)

Lukas Podolski

Tak dipungkiri lagi, Arsenal mendapatkan pilihan terbaik dalam diri Lukas Podolski setelah Robin van Persie tak mau memperpanjang kontrak bersama klub. Poldi mungkin tak setajam Van Persie, namun pengalaman pemain berusia 27 tahun itu tentu tak bisa diremehkan.

Dalam usia tersebut, ia sudah mencatat 100 caps bersama Timnas Jerman. Musim lalu di FC Cologne, ia mampu jadi tumpuan utama di lini depan meski tak bisa menyelamatkan klub kesayangannya tersebut dari jurang degradasi.

Eden Hazard (Lille ke Chelsea)

Eden Hazard

Roman Abramovich sampai harus mengeluarkan uang sebesar 32,5 juta pounds hanya untuk mendapatkan servis pemain muda Belgia, Eden Hazard, dari Lille. Terlalu berlebihankah? Jika melihat kualitas pemain 21 tahun itu, tentu harga tersebut adalah pantas.

Ia berperan besar dalam kesuksesan Lille di Ligue 1 dalam beberapa musim terakhir. Ia juga dianggap sebagai salah satu youngster paling hebat di Eropa. Kehadirannya akan mengubah permainan Chelsea menjadi lebih hidup dan tak terkesan monoton.

Roman Amalfitano (Reims ke Newcastle United)

Roman Amalfitano

Alan Pardew tampaknya tak mengubah filosofi transfernya. Mendatangkan nama kelas dua berkualitas dengan harga murah dan bisa berkontribusi bagi klub. Setelah Yohan Cabaye dan Demba Ba, kini Pardew melakukan hal serupa dengan menggaet Roman Amalfitano dengan status free transfer.

Siapa Amalfitano? Meski tak cukup dikenal, namun ia adalah salah satu pemain muda berbakat di sepakbola Prancis. Berposisi sebagai gelandang serang dan masih berusia 22 tahun, Amalfitano diyakini akan sukses besar di Newcastle, menyusul jejak Cabaye.

Park Ji Sung (Man. United ke QPR)

Park Ji Sung

QPR rasanya telah melakukan langkah fantastis dengan menggaet pemain sekelas Park Ji Sung dari Manchester United dengan mahar 2 juta pounds. Pemain asal Korea Selatan itu diyakini mampu mengangkat prestasi QPR ke tempat lebih baik dari musim lalu yang berakhir di posisi 17.

Park bisa menularkan pengalaman bertanding dan mental juaranya pada para pemain QPR nantinya, sesuatu yang tak dimiliki tim di musim lalu. Transfer ini juga bisa membawa Park ke Surabaya saat QPR berkunjung ke Indonesia pada akhir bulan Juli ini.

Jan Vertonghen (Ajax ke Tottenham)

Jan Vertonghen

Setelah menemui banyak kendala, transfer Jan Vertonghen dari Ajax Amsterdam ke Tottenham Hotspur akhirnya rampung setelah kedua klub sepakat di harga 9,5 juta pounds. Transfer ini tentu sangat menggembirakan bagi Spurs dan juga sang pemain.

Kehadiran Vertonghen tentu bisa menjadi solusi di lini belakang Spurs. Musim lalu, Ledley King jarang bermain karena cedera. Performa William Gallas dan Younes Kaboul pun angin-anginan. Hal yang membuat Spurs sampai mengontrak pemain gaek macam Ryan Nelsen untuk melapis mereka.

Mladen Petric (Fulham)

Mladen Petric

Lepas dari Hamburger SV, Mladen Petric kini berlabuh ke Fulham dengan durasi kontrak satu tahun. Di Craven Cottage, ia akan kembali bertemu dengan manajernya semasa di Hamburg, Martin Jol.

Meski sudah berusia 31 tahun, kehadiran pemain Kroasia itu tentu akan menguntungkan bagi Fulham, mengingat mereka sudah kehilangan Pavel Pogrebnyak. Selain itu, The Cottagers juga masih mungkin ditinggal andalan mereka di depan, Clint Dempsey dan Moussa Dembele, yang juga banyak diincar klub top Eropa.

Shinji Kagawa (Borussia Dortmund ke Man. United)

Shinji Kagawa

Uang sebesar 17 juta pounds menjadi akhir perburuan Sir Alex Ferguson terhadap pemain Jepang, Shinji Kagawa. United mampu mengalahkan beberapa klub besar lain dalam usahanya mendapatkan pemain berusia 23 tahun itu.

Kagawa diyakini akan bersinar di Old Trafford. Ia datang dengan bekal yang lebih dari cukup saat membela Dortmund. Dua musim terakhir ia berjasa besar atas kesuksesan Dortmund menjuarai Bundesliga 1. Dalam dua musim tersebut, Kagawa mencetak 29 gol dan menyumbang banyak assist bagi rekan-rekannya.

Pavel Pogrebnyak (Reading)

Pavel Pogrebnyak

Reading sungguh beruntung bisa mendapatkan pemain sekelas Pavel Pogrebnyak dengan gratis. Pemain asal Rusia tersebut berstatus free transfer setelah kontraknya tak diperpanjang VfB Stutgart.

Pogrebnyak juga sudah punya pengalaman main di Premier League setelah pada setengah musim lalu Stuttgart meminjamkannya ke Fulham. Dari 12 kali main bersama Fulham, pemain 28 tahun itu mencetak enam gol. Kini Reading berharap Pogrebnyak bisa berbuat banyak bersama mereka.

Marko Marin (Werder Bremen ke Chelsea)

Marko Marin

Julukan “German Messi” atau Messi-nya Jerman melekat pada sosok Marko Marin. Pemain berusia 23 tahun itu juga dikenal bisa mengubah hasil pertandingan lewat aksi-aksinya sendiri.

Ia memiliki akselerasi, dribbling apik, kreatif, punya teknik bagus, mampu mengirim umpan-umpan matang pada rekannya, dan bisa dimainkan di beberapa posisi. So, Chelsea sungguh beruntung bisa mendapatkan eks gelandang Borussia Monchengladbach tersebut.

Olivier Giroud (Montpellier ke Arsenal)

Olivier Giroud

Karier Olivier Giroud seperti melesat bak roket. Dua tahun lalu ia masih bermain di Tours FC, klub semenjana di Prancis. Namun musim lalu, ia menjadi pahlawan Montpellier karena membawa klub tersebut juara Ligue 1 dan menjadi top skor dengan 33 gol. Ia akhirnya juga masuk skuad Prancis untuk Euro 2012.

Fakta tersebut membuat Arsenal kepincut. Arsene Wenger yang memang biasa merekrut pemain asal Prancis pun tak berpikir panjang untuk mendapatkannya. Kehadirannya akan sangat berguna dalam mengisi lini depan The Gunners musim depan. Apalagi jika Van Persie benar-benar hengkang dari Emirates.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda