Scroll to Top

Makan Ikan Bisa Menurunkan Resiko Kanker, Lho

By C Novita / Published on Monday, 09 Jul 2012

makan ikan

Ikan laut, memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia sebab dengan mengkonsumsi salah satu jenis seafood tersebut dapat menghindarkan dari beberapa jenis penyakit. Kandungan asam lemak omega 3, protein, dan mineral lainnya membuat ikan laut menjadi salah satu hidangan yang paling sehat dikonsumsi manusia.

Berikut ini adalah beberapa macam penyakit yang dapat dikurangi resiko terjadinya jika Anda mengkonsumsi ikan laut secara teratur;

  • Penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega 3 pada ikan bermanfaat bagi kesehatan jantung, pembuluh arteri dan pembuluh vena. Meningkatkan kolesterol baik, dan mencegah terjadinya pembekuan darah. Jika jantung dan arteri serta vena sehat, maka resiko penyakit jantung dan gagal jantung otomatis berkurang.
  • Menjauhkan obesitas. Minyak ikan memiliki kandungan DHA yang bisa membuat perubahan pra sel-lemak menjadi sel lemak dihentikan. Hasilnya, penumpukan lemak di tubuh manusia jadi berkurang, dan obesitas dapat dihindarkan.
  • Menurunkan resiko kanker. Zat ajaib pada ikan yang bermanfaat menurunkan resiko kanker payudara, kolon, dan prostat adalah asam lemak omega 3.
  • Mencegah penyakit alzheimer. Omega 3 pun berkhasiat menyehatkan otak, meningkatkan konsentrasi dan daya fokus, serta pada orang tua bermanfaat untuk menjaga memori tetap stabil.
  • Melawan peradangan. Makan ikan juga mampu mencegah peradangan pada jaringan tubuh, dan juga pada darah dan pembuluhnya sebab minyak ikan bersifat anti inflamasi. Penyakit yang disebabkan oleh peradangan antara lain radang sendi, radang prostatis, radang kandung kemih.
  • Mengurangi depresi. Salah satu contoh masyarakat yang kerap mengkonsumsi ikan dan tingkat depresinya rendah adalah masyarakat Jepang. Kandungan asam lemak omega 3 adalah rahasia dibalik berkurangnya angka depresi tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda