Scroll to Top

Facebook Dan Twitter Bikin Penggunanya Makin Galau

By Ditya / Published on Monday, 09 Jul 2012

Galau

Istilah ‘galau’ saat ini menjadi istilah yang paling populer dikalangan remaja, namun tahukah Anda bahwa ternyata jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter membuat penggunanya semakin galau?

Sebuah survei yang dilakukan dikalangan pengguna teknologi menemukan bahwa lebih dari setengah dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa situs jejaring sosial mengubah perilaku mereka menjadi lebih buruk.

Seperti yang dikutip dari Telegraph, paling sering terjadi adalah jatuhnya kepercayaan diri setelah membandingkan prestasi yang dicapai dengan prestasi yang dicapai teman-teman online-nya, sehingga membuat pengguna menjadi merasa cemas, dan galau.

Lebih dari 53% responden yang berpartisipasi mengatakan bahwa munculnya situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter ini telah mengubah perilaku mereka, 51% mengatakan dampak yang ditimbulkan situs jejaring sosial adalah dampak negatif.

Penelitian ini juga menunjukan kekuatan internet yang adiktif dan membuat 55% responden merasa galau, tidak nyaman dan cemas ketika mereka tidak dapat mengakses akun Facebook atau email mereka.

Hasil survei ini juga menunjukan bahwa lebihdari setengah responden mengatakan bahwa mereka merasa galau dan tidak bisa rileks saat tidur setelah membuka siitus jejaring sosial sebelum tidur.

“Saya pikir salah satu hal utama adalah bahwa orang mulai bersikap seolah-olah teknologi memegang kendali atas diri mereka dan bukan sebaliknya. Kita yang seharusnya mengedalikan teknologi, kita juga harus dapat mematikan gadget yang kini telah banyak dari kita yang telah lupa bagaimana caranya,” kata Dr. Linda Blair, Psikilogi Klinis.

Dr. Linda Blair juga menambahkan banyak orang yang menderita kecemasan atau yang populer disebut kegalauan karena mereka gagal mengambil alih tuntutan yang diarahkan pada mereka serta ketidakmampuan untuk mengabaikan perangkat smartphone atau komputer mereka.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anada merasa semakin galau setelah membuka situs jejaring sosial?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda