Scroll to Top

Aplikasi Skype Palsu Bervirus Muncul di Google Play

By Baihaki / Published on Monday, 09 Jul 2012

skype-logo

Imej Google Play sebagai tempat download aplikasi Android yang dipenuhi malware berbahaya nampaknya masih belum akan hilang. Bahkan yang terbaru, terdapat sebuah aplikasi malware yang memiliki tampilan seperti Skype.

Dikutip dari ZDnet, aplikasi malware tersebut adalah sebuah virus yang disebut JAVA_SMSSEND.AB. Dengan memiliki kemampuan untuk meniru apliksai Skype, tak menutup kemungkinan Anda bisa salah mengunduh aplikasi ini. Pelaku dibalik kejahatan cyber ini pun juga membuat sebuah website yang mengiklankan aplikasi Skype palsu tersebut. Kebanyakan situs-situs tersebut memiliki domain Rusia (.ru). Sedangkan aplikasi-aplikasi yang diunduh memiliki hosting dengan domain Nigeria (.ne).

Namun, aplikasi ini memiliki struktur yang kurang baik. Alih-alih menggunakan format file .apk, aplikasi Skype palsu ini menggunakan format file .jar. Jika Anda menginstall aplikasi Skype palsu tersebut, Anda akan berasumsi bahwa Anda sedang menginstall Skype. Namun sebenarnya, Anda tengah menginstall sebuah aplikasi berbahaya. Saat Anda telah menginstall aplikasi tersebut, handphone Anda akan secara otomatis mengirim SMS internasional dengan tarif mahal yang mendatangkan keuntungan bagi pembuat aplikasi ini.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengunduh sebuah aplikasi berbahaya di Google Play, Anda nampaknya harus ekstra hati-hati. Terlebih penemuan virus malware yang satu ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, terdapat beberapa pihak yang berulang kali menemukan virus yang sangat berbahaya. Bahkan kasus terakhir, terdapat 100 ribu handphone dan tablet Android yang terinfeksi virus Android di Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda