Scroll to Top

Mahoro, Laboratorium di Jepang yang Bergerak Otomatis Berkat Android

By Baihaki / Published on Monday, 09 Jul 2012

Sebuah laboratorium otomatis bernama Mahoro bisa melakukan berbagai tugas. Berkat sistem operasi Android, laboratorium pintar tersebut menjadi tempat untuk berbagai kegiatan berbahaya seperti kegiatan yang melibatkan bahan-bahan kimia berbahaya.

mahoro

Laboratorium otomatis Android tersebut merupakan hasil kerja sama antara Japan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) dan bersama Yaskawa. Selain melakukan tugas-tugas berbahaya, laboratorium ini pun sanggup melaksanakan hal lain.

“Sebagai contoh, untuk mengembangkan obat-obatan influenza, kami melakukan percobaan infeksi setiap hari menggunakan berbagai jenis virus influenza,” ujar developer seperti dikutip dari GMANetwork.

Kegiatan tersebut merupakan sebuah aktivitas yang sangat berbahaya bagi manusia. Jika terdapat hal yang salah, tak menutup kemungkinan virus tersebut akan menginfeksi peneliti. Oleh karena itu diperlukan robot untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan tugas-tugas berbahaya dan kompleks, robot ini dilengkapi dengan tujuh sendi. Jika dibandingkan dengan robot otomatis yang terdapat di pabrik yang memiliki enam sendi, Mahoro ini jelas lebih canggih. Tak hanya itu, dengan ke-tujuh sendinya tersebut, Mahoro bisa melakukan gerakan-gerakan yang lebih sulit.

Untuk mendukung kinerja Mahoro, para developer memakai scanner 3D untuk mengambil capture data 3D computer-aided design (CAD). Dengan bantuan software tersebut, para peneliti dapat memakai Mahoro sesuka hati. Bahkan merekapun melakukan simulasi tabrakan dengan laboratorium otomatis tersebut.

Keberadaan laboratorium otomatis ini membuktikan bahwa Android adalah sebuah sistem operasi yang sangat canggih. Tak hanya itu, sistem operasi ini juga bisa digunakan untuk berbagai fungsi, tidak hanya pada handphone dan tablet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda