Scroll to Top

Bursa Transfer Liga Spanyol 2012 Masih Sepi, Cuma Ada Pergerakan Uang 32,7 Juta Euro

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Jul 2012
Athletic Bilbao
Pembelian Aritz Aduriz oleh Athletic Bilbao Terjadi dengan Nilai Yang Cukup Kecil

Musim panas ini bursa transfer Liga Spanyol masih cenderung sepi. Duo klub raksasa, Barcelona dan Real Madrid, belum mengeluarkan dana berlimpah untuk memboyong pemain. Malaga, klub kaya baru yang berpotensi menyulut api dengan perekrutan pemain bintang, masih adem ayem. Total, baru ada pergerakan uang sebesar 32,7 juta Euro hingga awal bulan Juli.

Hingga saat ini, pembelian termahal oleh klub Spanyol, dilakukan oleh Barcelona. Kubu Tito Vilanova memulangkan Jordi Alba dari perantauannya di Valencia. Banderolnya tak terlalu besar, cuma 14 juta Euro.

Angka yang begitu minor jika dibandingkan dengan apa yang dilakukan El Barca musim lalu. Pada pertengahan tahun lalu, Sandro Rosell menyediakan 34 juta Euro hanya untuk seorang Cesc Fabregas. Ada pula dana 26 juta Euro demi mendaratkan Alexis Sanchez. Jika hal ini menjadi tolak ukur, Barcelona hingga saat ini cuma mengeluarkan sekitar 23% dana musim lalu.

Real Madrid malah lebih selektif. Jose Mourinho baru saja dibuat sedikit kecewa karena tak bisa bereuni dengan Maicon (Internazionale). El Real tak mau mengeluarkan dana ekstra untuk memboyong bek sayap Brazil; di samping melihat usianya yang tak sesuai kriteria pembelian Florentino Perez.

Jordi Alba 2

Valencia memang menjadi salah satu yang teragresif. Mereka menjemput Joao Pereira, bek Portugal di Euro 2012. Pembelian ini bahkan menjadi pembelian termahal kedua setelah Jordi Alba. Namun, melihat jumlah dana yang keluar, cukup ‘terbatas’. Cuma 3,6 juta Euro untuk membuat Pereira berjalan ke Mestalla.

Malaga yang memiliki dana Syeikh Al-Thani, tampaknya ikut berhati-hati. Beberapa pemain dikabarkan akan merumput di kebun mawar bernama La Rosaleda. Namun, hingga saat ini, belum ada satu pun dari Emmanuel Adebayor, Nicklas Bendtner, atau Edin Dzeko yang memberi sinyal sepakat bergabung ke klub yang lolos ke Liga Champions.

Krisis ekonomi yang melanda Spanyol, bisa jadi membuat bursa transfer kali ini jauh melempem dibandingkan musim lalu.

Kita tentu masih mengingat, selain ada Fabregas dan Alexis Sanchez, bursa transfer 2011 diwarnai kehadiran Radamel Falcao (47 juta Euro), Santi Cazorla (21 Juta Euro), dan Fabio Coentrao yang harganya 30 juta poundsterling —dua kali lipat harga Jordi Alba—.

Layak ditunggu, adakah kejutan dalam sisa waktu yang cukup panjang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda