Scroll to Top

Barcelona Klub dengan Para Pemain Berukuran Mini

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Jul 2012

Barcelona

Kepergian Seydou Keita ke Dalian Aerbin ternyata tidak hanya membuat Barcelona kehilangan salah satu tokoh penting di posisi gelandang. Hijrahnya Keita juga berpengaruh pada rata-rata ukuran tinggi badan para pemain mereka. Ya, sebelumnya Keita adalah salah satu dari sedikit pemain El Barca yang bertinggi badan di atas 180 cm.

Jika kita melihat pasukan Catalan yang dibimbing oleh Pep Guardiola dalam empat tahun terakhir, bukan rahasia lagi kalau mereka berpostur tubuh pendek. Sebutkanlah Lionel Messi yang ‘cuma’ 169 cm, Xavi Hernandez yang 170 cm, atau Andres Iniesta yang 170 cm pula.

Kapten tim sekaligus jenderal pertahanan Carles Puyol juga tak mencapai 180 cm. Pemain yang absen di Euro 2012 ini bertinggi 178 cm. Javier Mascherano yang diberikan posisi baru sebagai bek tengah, juga berukuran 172 cm. Selebihnya, dari Alexis Sanchez, Dani Alves, hingga Pedro Rodriguez pun ukurannya ‘mini’.

Barcelona vs Espanyol 4-0 (2)

Beberapa pemain El Barca yang tingginya di atas rata-rata, bisa dihitung dengan jari. Semisal Gerard Pique yang 192 cm, Eric Abidal yang 186 cm, atau Sergio Busquets yang 189 cm. Andai Keita mau bertahan, ia akan masuk dalam daftar pemain tinggi dengan ukurannya yang 183 cm.

Memang, ada beberapa pemain yang tingginya cukup standard. Namun, mereka masih belum menjadi lini utama, seperti Andreu Fontas (186 cm), Marc Bartra (183 cm), dan Isaac Cuenca (181) cm.

Pemain terbaru Barcelona, Jordi Alba, hanya bertinggi 170 cm —16 cm lebih pendek daripada Eric Abidal yang bermain di posisi yang sama—.

Layak ditunggu, apakah Sandro Rosell tertarik dengan masalah ukuran badan ini; dengan merekrut pemain-pemain yang menjulang. Misalnya, Javi Martinez, raksasa muda Athletic Bilbao yang tingginya 190 cm.

Yang jelas, dengan ukuran yang mini ini, pasukan Catalan mampu memboyong 14 gelar dari 19 kompetisi yang mereka ikuti dalam empat tahun terakhir.

(Mundo Deportivo/Bdfutbol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda