Scroll to Top

Zinedine Zidane dan Mimpi Juara Liga Champion Real Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Jul 2012

Zinedine Zidane

9 Juli sebelas tahun lalu, Zinedine Zidane direkrut Real Madrid dari Juventus. Tak tanggung-tanggung, dana yang digelontorkan mencapai angka 75 juta Euro. Kehadiran Zidane kala itu mewarnai periode Los Galacticos jilid I yang dibangun oleh Florentino Perez.

Bagaimana cara mendapatkan gelar demi gelar? Jika hal itu ditanyakan kepada Florentino Perez pada awal abad XX, ia akan menjawab, “dengan cara mengumpulkan pemain bintang”.

Sejak menjabat sebagai presiden Real Madrid pada tahun 2000, Perez menggunakan motto “memboyong seorang demi seorang pemain bintang ke Santiago Bernabeu setiap tahun”.

Di tahun pertama, ia mendapatkan Luis Figo dari rival bebuyutan, Barcelona. Dan di tahun kedua, datanglah Zinedine Zidane yang dinobatkan sebagai pemain termahal dunia saat itu; pada tanggal yang sama dengan hari ini, 9 Juli 2001.

Zinedine Zidane 2

Kehadiran Zidane membuat Real Madrid begitu ditakuti. Mereka memiliki barisan depan paling maut di dunia.

Sempat keteteran di awal musim dan gagal mempertahankan gelar La Liga, Los Blancos berhasil mendapatkan trofi lain yang lebih bergengsi. Liga Champions.

Zidane bahkan menjadi pahlawan di partai final dengan gol tembakan volinya ke gawang Bayer Leverkusen untuk kemenangan 2-1. Sebuah hal yang menandakan betapa layaknya sang nomor 5 dibayar begitu mahal.

Kini, sebelas tahun berlalu sejak transfer raksasa itu, Real Madrid belum juga memperoleh trofi kompetisi tertinggi Eropa.

Rekor transfer memang sudah dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo (94 juta Euro), namun Liga Champions belum juga direngkuh Real Madrid di sesi kedua perjalanan Florentino Perez sebagai presiden.

Los Merengues hanya tinggal membutuhkan keberuntungan, ataukah musim ini perlu mendatangkan pemain ‘wah’ selayaknya Zinedine Zidane?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda