Scroll to Top

Kiat Agar Puasa Tetap Jalan Walau Dengan Sakit Maag

By C Novita / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

Kiat puasa walau sakit maag

Beberapa hari lagi Ramadhan akan tiba, yaitu bulan dimana seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa. Bagi Anda yang memiliki penyakit maag, terkadang muncul kekhawatiran penyakit tersebut akan kambuh jika Anda tetap menjalankan ibadah tersebut.

Berikut kiat agar tetap bisa sehat saat menjalankan ibadah puasa walau dengan penyakit maag.

Jenis penyakit maag dikategorikan menjadi dua, yaitu maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional biasanya disebabkan oleh rutinitas makan yang tak teratur, mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, kopi dan soda berlebih, atau stres.

Sedangkan maag organik disebabkan oleh organ pencernaan yang terluka misalnya lambung, usus dua belas jari, kerongkongan, bahkan kanker.

Mayoritas penyakit maag yang diderita oleh orang Indonesia adalah maag fungsional, dan jenis sakit maag ini aman jika digunakan berpuasa, jelas dr.Ari Fahrial Syam, Sp.PD, seperti dilansir media kompas.

Bahkan sakit maag ini akan makin membaik keadaannya dengan berpuasa, sebab pola makan penderita akan berubah menjadi lebih teratur jika dibanding saat mereka tak puasa.

Untuk pasien yang menderita maag organik, disarankan mengkonsumsi obat sebelum sahur dan sesudah berbuka, agar kondisi lambung yang terluka dapat ditangani terlebih dahulu.

Kesadaran untuk menghindari berbagai makanan yang memicu produksi asam lambung berlebih seperti sambal, makanan asam, atau makanan yang bisa menimbulkan gas, sebaiknya dilakukan.

Juga makanan yang banyak mengandung lemak, kopi, cuka, gorengan, serta soda, akan lebih bijaksana jika dihindari.

Mungkin pada beberapa hari awal puasa akan terasa lebih berat sebab lambung sedang dalam proses beradaptasi. Rasa mual, perih dan lemas adalah hal yang biasa. Setelahnya, lambung akan menyesuaikan diri dan sakit maag tak akan lagi mengganggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda