Scroll to Top

78 Persen Pegawai di Amerika Direkrut Menggunakan Jejaring Sosial

By Baihaki / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

jejaring-sosial

Fungsi jejaring sosial kini tak hanya bisa digunakan sebagai sarana untuk mengekpresikan diri. Melalui jejaring sosial, Anda ternyata juga bisa memperoleh sebuah pekerjaan. Hal tersebut terungkap dalam survei yang dilakukan di Amerika Serikat. Dalam survei yang dilakukan oleh Jobvite tersebut, terdapat 78 persen orang yang memperoleh pekerjaan lewat jejaring sosial.

Dikutip dari ZDNet, tren menggunakan jejaring sosial untuk kebutuhan mencari kerja di Amerika Serikat sangat tinggi. Bahkan, hampir 92 persen pencari kerja di Amerika Serikat memanfaatkan jejaring sosial sebagai sarana untuk memperoleh mata pencaharian.

Jumlah tersebut memang jumlah yang fantastis. Selain itu, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tren penggunaan jejaring sosial untuk sarana mencari kerja selalu meningkat. Pada tahun 2011, terdapat 63 persen pengguna jejaring sosial yang memperoleh pekerjaan dan sebanyak 58 persen pada tahun 2010.

Lalu, jejaring sosial yang paling populer di kalangan para pencari kerja tersebut adalah LinkedIn. Terdapat 93 persen responden mengaku memiliki akun jejaring sosial yang satu ini. Selain itu, Twitter dan Facebook adalah jejaring sosial lain yang menjadi sarana bagi para pencari kerja.

Dengan memakai jejaring sosial, pihak perusahaan bisa mengetahui tentang talenta hingga potensial yang dimiliki oleh para pencari kerja. Terdapat tiga dari empat manager HRD dan perekrut mengecek akun jejaring sosial pencari kerja. Selain itu, dari survei ini ternyata banyak para perekrut tenaga kerja yang merasa lebih terganggu dengan penulisan grammar yang salah dibandingkan dengan kebiasaan minum minuman keras.

Survei yang dilakukan oleh Jobvite ini melibatkan hampir 1000 tenaga perekrut profesional selama kegiatan perekrutan tenaga kerja yang mereka lakukan selama Juni 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda