Scroll to Top

Kiamat Internet: 300 Ribu Komputer Terinfeksi Virus DNSChanger

By Baihaki / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

Kiamat InternetMinggu ini, muncul berita yang sangat menghebohkan. Dikabarkan pada 9 Juli ini akan terjadi kiamat internet yang akan mematikan akses internet hingga 250 ribu komputer. Namun, tak kurang 300 ribu komputer terpaksa harus offline karena virus malware bernama DNSChanger ini.

Dikutip dari CNet,  untuk mencegah dampak kiamat internet ini, FBI telah mematikan server DNS. Dengan melakukan langkah tersebut, mereka telah berhasil meminimalisir jumlah korban komputer. Sebelumnya, mereka mendeteksi bahwa terdapat kira-kira 570 ribu komputer yang telah terinfeksi virus tersebut. Dengan mematikan server DNS, mereka telah menyelamatkan 250 ribu di antaranya.

Dikutip dari ZDNet, sebagian besar korban virus ini adalah para pengguna komputer di Amerika Serikat,a yakni sejumlah 45 ribu komputer. Sementara di Italia terdapat 22 ribu komputer, 19 ribu komputer di India, 13 ribu komputer di Inggris Raya dan Australia memiliki korban sebanyak 7 ribu komputer. Untuk korban di Indonesia, nampaknya hingga kini belum ada laporan.

Namun, pihak penyedia akses internet atau ISP juga turut membantu para pelanggannya untuk bisa tetap online. Comcast yang merupakan salah satu ISP di Amerika Serikat telah menoba untuk menghubungi para konsumennya yang terinfeksi virus ini. Sedangkan Verizon telah menugaskan beberapa teknisinya untuk menghilangkan virus tersebut dari komputer pelanggannya. Dan yang terakhir adalah AT&T yang berencana untuk me-redirect komputer yang terinfeksi ke situs yang ingin dituju. Dengan langkah tersebut, pihak ISP mengatakan telah meminimalkan jumlah korban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda