Scroll to Top

FB Mengubah Cara Orang Berbagi Informasi

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

Facebook mengubah orang berbagi informasiBagaimanakah informasi di internet dibagikan? Jawabannya cuma satu, melalui FB. Facebook telah mengubah cara orang berbagi informasi. Setidaknya ini menurut studi Reuters di Inggris beberapa waktu yang lalu.

Dalam penelitian tersebut, jejaring sosial semiliar umat ini memiliki porsi sebanyak 55% dan bertanggung jawab atas penyebaran informasi di negara tersebut. Prosentase ini bahkan mengalahkan kapasitas Twitter dan email.

Data-data lain yang menarik dalam studi tersebut yakni: 20% warga Inggris ‘menemukan’ berita melalu media sosial, 55% tautan berita dibagikan melalui Facebook, dan 28% penduduk Amerika Serikat berbagi berita menggunakan media sosial.

Lantas dari pelbagai media sosial tersebut, berapa prosentase masing-masingnya? FB unggul sebanyak 55% kemudian disusul email (33%) Twitter (23%), Google+ (6%), LinkedIn (2%), Delicious (1%), Stumbleupon (1%), Digg (1%), dan Reddit (0%).

Dikutip dari AllFacebook, Selasa (10/07/12), Reuters Institute menggambarkan bagaimana peta kelompok usia dalam penerimaan dan penyebaran informasi. Mereka yang berusia 16 – 24 tahun, sebanyak 43% mengomsumsi berita melalui Facebook dan Twitter.

Ketika mereka diberi pilihan untuk berbagi berita melalui Facebook atau email, kelompok usia 16 – 24 tahun sebanyak 71 persen memilih menggunakan FB. Dan kelompok usia di atas 45 tahun cenderung memilih email dengan prosentase 51%.

Dengan pelbagai data di atas semakin jelas bagaimana Facebook mendominasi lalu-lintas konten yang lalu lalang di internet termasuk informasi dan berita. Fenomena ini sejatinya telah dimulai sejak tahun 2011 silam tatkala FB meluncurkan plugin social termasuk aplikasi social newsreading.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda