luar angkasa

Apakah Anda ingin selalu tampil muda? Ternyata Anda tidak perlu memakai berbagai jenis kosmetik untuk tetap awet muda. Terdapat cara lain yang baru saja dikemukakan oleh para peneliti di dunia. Cara tersebut adalah melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Para peneliti tersebut pun sudah melakukan uji coba dan penelitian terkait pendapat tersebut. Sebagai bahan percobaan, para peneliti telah mengirim beberapa cacing Caenorhabditis elegans ke luar angkasa. Cacing tersebut dipilihan karena memiliki struktur otot yang hampir mirip dengan manusia. Dan, para cacing tersebut telah menghabiskan misi di luar angkasa selama 11 hari.

Dan, dari hasil percobaan tersebut terungkap bahwa lima gen yang dimiliki oleh cacing-cacing tersebut memperlihatkan adanya perlambatan aktvitas. Dan, perlambatan aktivitas tersebut tentu saja berimplikasi pada penampilan mereka. Para peneliti pun membandingkan gen tersebut dengan cacing yang ada di bumi. Hasilnya, cacing yang mengalami perjalanan ke luar angkasa ternyata memiliki umur lebih panjang.

“Hal tersebut memperlihatkan bahwa gen-gen tersebut terlibat dalam proses bagaimana cacing merasakan lingkungan dan perubahan sinyal pada metabolisme untuk beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Sebagian besar dari kita tahu bahwa otot cenderung untuk mengkerut saat berada di angkasa,” ujar peneliti dari University of Nottingham, Dr. Nathaniel Szewczyk mengomentari studi tersebut.

Hasil tersebut memperlihatkan bahwa cacing yang beradai di luar angkasa akan mengalami pengurangan produksi polyglutamin. Selanjutnya, aktivitas ini nantinya akan berperan penting dalam proses penuaan otot. Dan, Szewczyk juga mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan bahwa fenomena awet muda tersebut juga bisa terjadi pada manusia yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.