Scroll to Top

Ini Dia Yang Dilakukan Pelatih Jepang, Seandainya Menjadi Pelatih Indonesia

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

Timnas Indonesia U-14

Jepang kini telah berubah menjadi kiblat sepak bola di ranah Asia. Sejumlah pemain kelas dunia seperti Hidetoshi Nakata, Keisuke Honda, hingga Shinji Kagawa adalah bukti kesuksesan negeri Samurai Biru itu mencetak bakat-bakat muda.

Kesuksesan tersebut tentunya otomatis berlanjut dengan torehan prestasi timnas Jepang ke kancah dunia. Sejak pertama kali lolos pada 1998, Jepang adalah tim Asia yang tak pernah absen di panggung putaran final Piala Dunia hingga 2010 lalu.

Menurut pelatih timnas U-22 Jepang Yushasi Yoshida, kunci kesuksesan sepakbola Jepang adalah dalam federasi sepak bola mereka memiliki sistem yang baik untuk mendidik berbagai tim dari kelompok umur U-13, U-14, dan U-16.

Mereka telah membangun program yang baik demi terciptanya timnas yang berkualitas. Yushasi Yoshida juga memberikan banyak strategi, seandainya ia menjadi pelatih Timnas Indonesia.

“Untuk jangka waktu pendek, saya akan mencari lebih banyak penyerang. Kemudian, mereka harus lebih mendapat jam terbang. Namun, untuk jangka panjang, saya akan membuat kompetisi yang baik setiap minggu, karena sistem seperti ini sangat penting”

“Saya juga akan mengembangkan sistem kepelatihan. Jika ini semua dijalankan maka tim nasional akan bisa bersaing di level dunia” ungkap Yushasi Yoshida seperti yang dilansir Kompas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda