Scroll to Top

Stres Tidak Bisa Diatasi dengan Alkohol

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

alkohol

Sebagian orang mengandalkan minum alkohol untuk mengatasi masalah stres dan depresi. Mereka berpikir dengan sejenak “melayang” bisa membuat pikiran lebih segar. Padahal, anggapan ini sebenarnya hanya bualan belaka. Paalnya, menurut lembaga amal Drinkaware, alkohol justru membuat keadaan makin memburuk sekalipun mungkin untuk sementara meredakan stres.

Sebuah studi yang dilakukan ICM terhadap 2.000 orang usia 30-45 tahun menemukan banyak orang yang suka mampir ke suatu tempat untuk minum alkohol dahulu sebelum akhirnya pulang ke rumah. Bahkan, sebagian mereka minum sampai di luar batas. Ada 68 persen responden mengatakan wajib memiliki stok alkohol di rumah untuk “teman bersantai”. Sementara itu, responden yang memasukkan minuman memabukkan ini ke daftar belanja mereka secara rutin sebanyak 71 persen.

Dikutip BBC, dalam jangka pendek mungkin alkohol memiliki andil dalam menghilangkan kepenatan di pikiran. Namun, hal itu tidak untuk konsumsi jangka menengah dan panjang. Alkohol bisa membuat masalah dalam urusan keluarga, keuangan, hingga pekerjaan.

“Alkohol dapat menjadi ‘teman palsu’ ketika anda berusaha mengatasi stres,” kata Siobhan McCCann, kepala kampanye dan komunikasi di Drinkaware.

Orang yang minum alkohol bisa merasakan lebih mudah mengantuk dan cepat tertidur. Namun, dalam jangka lama justru akan merusak waktu tidur peminumnya. Lebih menyakitkan lagi, depresi yang awalnya menjadi tujuan dalam meminum alkohol, justru akan makin terpicu kehadirannya ketika seseorang mulai rutin meminumnya. Rasa gelisah akan menyerang dan stres kembali muncul. Jadi, alkohol bukanlah teman baik untuk menghilangkan stres atau tekanan hidup apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda