Scroll to Top

Kentut Konon Bisa untuk Obat Hipertensi

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

Kentut

Seringkali mengeluarkan kentut dianggap tabu, apalagi jika kentut dilakukan di sekitar banyak orang. Meskipun belum tentu kentut itu bau busuk, tetap saja orang yang mendengar suaranya akan menutup hidung mengantisipasi kemungkinan bau yang akan tercium. Tahukah Anda? Di samping kentut membuat rongga perut menjadi lega, ternyata kentut mungkin bisa dijadikan terapi bagi orang yang punya kecenderungan tekanan darah tinggi.

Dalam percobaan pada tikus, hewan pengerat tersebut yang punya kandungan gas lebih sedikit memiliki kecenderungan tekanan darah lebih tinggi. Begitu juga sebaliknya. Dari percobaan yang dilakukan di Johns Hopkins University itu, gas dalam perut tersusun salah satunya dari  hidrogen sulfida yang memiliki andil dalam mengatur tekanan darah. Semakin tinggi kadarnya, maka tekanan darah ikut menurun.

Hidrogen sulfida dihasilkan di dua tempat dalam tubuh. Yaitu bakteri yang tinggal di dalam usus dan hasil reaksi enzim dalam pembuluh darah. Cara kerja gas beracun ini dalam menormalkan tekanan darah adalah dengan melemaskan enzim pembuluh darah. Inilah yang kemudian diduga kuat dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Dikutip dari Media Indonesia, penelitian ini belum mencapai tahap final meskipun kemungkinan bisa dipakai sebagai terapi. Salah satu masalah yang mesti dikaji adalah soal dosis. Dengan perbedaan besaran tubuh manusia dan tikus, harus dipastikan dosis yang tepat jika akan dipakai sebagai terapi hipertensi. Selain itu, keberadaan gas di perut juga bisa membahayakan bagian tubuh yang lain.

“Mesti diketahui dosis yang efektif sebab tentunya ada perbedaan dalam ukuran tubuh antara manusia dan tikus,” kata Profesor Yao Yuyu dari Rumah Sakit Zhongda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda