Scroll to Top

Tips Facebook: Mengarsip Update Status FB Secara Otomatis ke Dropbox

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

IFTTT Facebook to DropboxDengan memanfaatkan tool dari IFTTT kita bisa menyimpan atau mengarsip update status Facebook yang pernah ditulis. Tak hanya itu saja, arsip ini nantinya akan disimpan secara otomatis ke Dropbox.

Beberapa waktu yang lalu SidomiNews pernah menuliskan tips bagaimana menyimpan tweet secara otomatis ke Dropbox. Dan kali ini giliran Facebook.

Memang ‘hukum’ yang berlaku di Twitter serta Facebook berbeda. Khususya untuk status yang ditampilkan. Di Facebook, kita bisa membaca status terdahulu hingga terkini dengan mudah.

Hanya dengan menggulir tetikus ke bawah, dengan fitur timeline maka semua status yang pernah ditulis akan tertampil. Dan ini tidak berlaku di Twitter.

Pertanyaannya kemudian, jika semua status bisa dibaca kembali dengan mudah, mengapa harus disimpan atau diarsip? Ini hanya pilihan dan bukan keharusan.

Misalkan saja akun Facebook Anda kena retas atau tiba-tiba ‘dicuri’ orang tak bertanggungjawab, sayang bukan jika status terdahulu ikut hilang?

Dengan demikian rasanya perlu mencoba tool ini. Lagipula layanan IFTTT ini gratis dan bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Lantas bagaimana caranya? Perhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Pertama kunjungi laman IFTTT di recipe Facebook Status Upadates to Dropbox pada laman berikut dan klik Use Recipe.
  2. Kemudian Anda akan dibawa ke laman pendaftaran. Lakukan regristasi. Prosesnya tak akan memakan waktu.
  3. Jika sudah, segera hubungkan akun Facebook dan Dropbox Anda dengan IFTTT. Kemudian klik update.
  4. Nantinya setiap Anda menulis updates status Facebook maka akan secara otomatis tersimpan di folder Dropbox.
  5. Arsip status tersebut akan berjenis berkas dokumen dengan format .txt (notepad) yang akan secara otomatis disimpan di folder Dropbox baik itu di komputer maupun di situs penyimpanan ‘awan’ ini.

Sedangkan format arsip status Facebook nanti akan berpola: teks (status Facebook Anda) + di-publish pada (tanggal, bulan, tahun, dan jam) atau seperti gambar di bawah ini.

IFTTT Facebook to Dropbox

Penasaran dengan tool IFTTT? Sila tuju laman berikut untuk melakukan regristasi dan tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda