Scroll to Top

Cukup Satu Menit untuk Memanaskan Mesin Kendaraan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

memanaskan kendaraan

Sebelum berkendara sebaiknya panaskan mesin kendaraan Anda dulu. Dengan begitu, Anda memberikan kesempatan pada mesin bekerja lebih baik. Mesin yang dipanaskan membuat mesin bergerak pada suhu yang ideal. Selain itu, saat dipanaskan, oli akan segera beredar ke bagian-bagian mesin yang perlu mendapat pelumasan agar tidak cepat aus. Dan, untuk mesin kendaraan yang muncul belakangan, tidak perlu lama untuk dilakukan pemanasan.

Pasalnya, kendaraan zaman sekarang terbuat dari bahan yang mudah mengantarkan kalor. Pemanasan hanya perlu satu menit saja untuk membuat suhu ideal. Sehingga, pemanasan tidak sampai memboroskan bahan bakar yang ada. Beda halnya dengan kendaraan jadul yang kebanyakan memakai bahan besi, penyebaran kalor tidak bisa berjalan cepat. Pemanasan memerlukan waktu yang lebih lama agar suhunya ideal. Efek sampingnya, penggunaan bahan bakar juga agak lebih boros.

Sementara itu, sebaiknya dalam memanaskan mesin tidak dilakukan dengan menggebernya. Biarkan mesin bekerja tanpa Anda gas dan mencapai kondisi stasioner dengan sendirinya. Pasalnya, oli belum sepenuhnya menyebar ke berbagai bagian mesin, sehingga cukup riskan jika putaran mesin dipercepat dengan geberan. Memang mesin akan cepat panas, namun tidak disarankan.

Sembari melakukan pemanasan mesin, Anda bisa melakukan pengecekan kelengkapan berkendara lain. Misalnya memeriksa tarikan rem, melihat kondisi air aki, kondisi ban, dan sebagainya. Dengan begitu, waktu untuk menunggu pemanasan tidak terbuang percuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda